Hagia Sophia

27 May 2023

Natural Cause Disebut Sebagai Pemicu Kematian Tina Turner, Kondisi Apa Itu?

istimewa

Penyebab kematian ratu rock 'n' roll, Tina Turner, kini mulai terkuak. Sebelumnya, Turner dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (25/5/2023) di kediamannya di Kusnacht, Swiss.

Dari laporan terbaru, perwakilan keluarga mengkonfirmasi bahwa Turner meninggal karena 'natural cause' atau kematian alami, setelah sakit dalam waktu yang lama. Sebelumnya, dia berjuang melawan beberapa penyakit seperti kanker usus, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal.

"Tina Turner, 'Ratu Rock'n Roll' telah meninggal dengan damai hari ini di usia 83 tahun setelah lama sakit di rumahnya di Kusnacht dekat Zurich, Swiss. Dengan dia, dunia kehilangan legenda musik dan panutan," kata humasnya Bernard Doherty saat kematiannya diumumkan, dikutip dari Independent UK, Jumat (26/5).

Apa Itu 'Natural Cause'?

Saat terjadi kematian mendadak atau tidak terduga, biasanya jenazah akan diperiksa untuk mengetahui penyebab dan cara kematian. Setelah keduanya telah ditentukan, baru bisa disimpulkan apakah kematian itu terjadi akibat sebab alami atau tidak wajar.

Dikutip dari laman Aftermath, 'natural death cause' atau 'natural cause' didefinisikan sebagai kematian akibat sebab yang alami. Saat seseorang meninggal karena usia tua atau akibat dari kondisi kesehatan atau penyakit, ini dianggap sebagai kematian yang wajar.

Mayoritas negara saat ini mengakui ada lima cara kematian yang bisa terjadi pada seseorang, yakni:

Natural atau alami
Kematian alami adalah kematian yang terjadi akibat proses penuaan atau penyakit.

Homicide atau pembunuhan
Sebuah kematian dianggap sebagai pembunuhan ketika seseorang dibunuh oleh satu orang atau lebih.

Accident atau kecelakaan
Kasus kematian dianggap sebagai kecelakaan ketika akibat fatal tidak sengaja dan tidak ada bukti, bahwa cedera terjadi dengan maksud untuk menyakiti.

Suicide atau bunuh diri
Kematian dianggap sebagai bunuh diri saat seseorang dengan sengaja mengakhiri hidupnya sendiri.

Undetermined atau penyebab yang tidak dapat ditentukan
Kasus kematian dianggap tidak dapat ditentukan penyebabnya ketika informasi yang didapatkan tidak meyakinkan. Bisa juga karena banyak kemungkinan yang muncul sebagai penyebab kematian.

"Ini terjadi ketika informasi yang menunjuk ke satu cara kematian tidak lebih meyakinkan daripada satu atau lebih cara kematian yang bersaing, ketika semua informasi yang tersedia dipertimbangkan," jelas Harris County Institute of Forensic Sciences.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Disebut Jadi Pemicu Kematian Tina Turner, Apa Itu Kondisi 'Natural Cause'?"