Hagia Sophia

27 May 2023

Orang Jepang Sering Konsumsi Makanan Fermentasi, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kebiasaan orang Jepang menyantap makanan fermentasi ternyata banyak manfaatnya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Takahiro Kawamura)

Gaya hidup sehat orang Jepang sangat terkenal di seluruh dunia. Orang Jepang menjalani hidup yang berkualitas yang dipengaruhi oleh aktivitas fisik rutin dan pola makan sehatnya.

Banyak makanan Jepang yang kaya nutrisi bagi tubuh. Mereka juga sering mengonsumsi probiotik untuk melancarkan pencernaan, antara lain dalam bentuk makanan-makanan fermentasi seperti natto dan miso.

Pakar imunologi dari Juntendo University Jepang Profesor Kazuyoshi Takeda mengatakan probiotik terbukti bisa meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, sampai merawat kesehatan fisik dan mental.

Kebiasaan mengonsumsi probiotik setiap hari juga dapat menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Probiotik juga meningkatkan kinerja sel imun terutama sel pembunuh alami atau natural killer cell (NK cell).

"Minum probiotik setiap hari terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel NK," tutur Prof Takeda ketika berbicara di forum kuliah terbuka Lactic Acid Bacteria and Immune System di Yakult Honsha, Takeshiba, Kota Minato, Tokyo, Jepang (25/5/2023).

Sel NK merupakan pembunuh alami bagian dari sel darah putih yang dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi kuman seperti virus, atau tumbuh tidak normal seperti tumor dan kanker.

Beberapa faktor gaya seperti kebiasaan merokok, tingkat stres yang tinggi, malas olahraga, sampai pertambahan usia bisa menurunkan aktivitas sel NK. Prof Takeda menjelaskan agar bisa mendapatkan manfaat probiotik secara optimal, disarankan minum probiotik setiap hari secara rutin.

Selain itu dia juga menekankan pentingnya mengontrol faktor gaya hidup sehat lain untuk menjaga sel pembunuh alami di tubuh tetap terjaga.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Orang Jepang Doyan Banget Makanan Fermentasi, Ternyata Ini Manfaatnya!"