Hagia Sophia

27 May 2023

Update COVID-19: 27 mei 2023 Kasus COVID-19 Bertambah 502 dan 7 Meninggal

istimewa

Kasus Corona di Indonesia bertambah 502 pasien, sementara jumlah orang yang sembuh tercatat sebanyak 379 di Sabtu (27/5/2023). Sayangnya, masih ada laporan kasus meninggal yakni 7 orang.

Ada 13.822 spesimen yang diperiksa, sementara kasus suspek berada di 1.206.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mewanti-wanti warga dunia perihal potensi munculnya pandemi baru di waktu mendatang, imbas penyakit yang disebutnya sebagai 'Disease X'. Bahkan sejumlah pakar menyoroti, penyakit ini berpotensi lebih fatal dibandingkan COVID-19.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat meyakini, disease X ini akan bersifat zoonosis. Artinya, penyakit tersebut bersumber dari hewan liar atau hewan peliharaan, yang kemudian menular ke manusia.

Melihat penyakit yang sudah ada saat ini, Ebola, HIV/AIDS dan COVID-19 adalah wabah zoonosis. Presiden EcoHealth Alliance, Peter Daszak, juga menyoroti perlunya kreativitas dan kewaspadaan untuk melacak dan mengantisipasi wabah berikutnya.

"Alam memproduksi virus baru setiap saat. Apa yang ingin kami katakan (dengan Penyakit X) adalah, mari berpikir kreatif tentang merancang vaksin dan terapi serta obat-obatan yang tidak hanya memengaruhi agen yang diketahui tetapi juga dapat memengaruhi patogen pandemi yang muncul di masa mendatang," bebernya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Update COVID-19 RI 27 Mei: Tambah 502 Kasus Baru, Kasus Aktif 13.775"