Hagia Sophia

15 December 2023

Viral Penampakan Janin Bayi Hidup di Rongga Perut Seorang Wanita

Ilustrasi hamil (Foto: Getty Images/iStockphoto/flukyfluky)

Seorang wanita berusia 37 tahun terkejut saat mengetahui dirinya hamil 23 minggu dengan janin yang bertumbuh di dekat ususnya. Kasus langka ini dipublikasikan dalam jurnal medis New England Journal of Medicine.

Wanita yang tinggal di Pulau Reunion, di Samudera Hindia dekat Madagaskar dan Mauritius, itu awalnya mengeluhkan gejala kembung dan sakit perut selama 10 hari. Lantaran kondisinya tak membaik, wanita yang tak disebutkan identitasnya itu memutuskan pergi ke dokter di Prancis untuk menjalani pemeriksaan.

Hasilnya, dokter mendiagnosis wanita tersebut mengalami kehamilan di perut, sejenis kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim yang terjadi di perut. Bayinya berada di rongga peritoneum atau area tempat organ vital berasa, dengan plasenta yang menempel di bagian atas panggul.

Dokter mengatakan, kasus kehamilan seperti ini sangat langka, dan mungkin terjadi saat janin mulai tumbuh di saluran tuba yang membawa sel telur dari ovarium ke rahim. Seiring waktu, lubang ini bisa pecah sehingga memungkinkan janin 'melarikan diri' ke dalam rongga.

Wanita Ini Ngeluh Sakit Perut-Kembung 10 Hari, Ternyata Ada Bayi di Dekat Ususnya Foto: The New England Journal of Medicine

Wanita tersebut kemudian disuruh menunggu hingga usia kehamilannya 29 minggu untuk melahirkan bayinya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kelangsungan hidupnya.

"Bayi dapat hidup di luar rahim sejak usia 24 minggu, tetapi tingkat kelangsungan hidup lebih rendah, yakni sekitar 68 persen bertahan hidup," kata dokter, dikutip dari Daily Mail.

Sementara ada usia kehamilan 29 minggu, 80 hingga 90 persen bayi bertahan hidup di luar kandungan.

Lebih lanjut, dokter kemudian melahirkan bayi tersebut dengan membuat sayatan di perut sebelum memindahkannya ke unit perawatan intensif neonatal.

Sang ibu menjalani operasi terpisah 12 hari setelah kelahiran agar dokter dapat mengeluarkan sisa plasentanya. Ibu dan bayinya kemudian dipulangkan dua bulan setelah kelahiran.

Kehamilan ektopik adalah kehamilan yang terjadi di luar rahim, biasa disebut dengan kehamilan di luar kandungan. Lokasi terjadinya kehamilan ektopik berbeda-beda, bisa terjadi pada tuba atau abdominal. Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, kehamilan ektopik dapat berakibat fatal bagi ibu. Adapun penyebab atau faktor risiko kehamilan ektopik ada beberapa macam.

"Apabila seseorang sudah pernah mengalami kehamilan ektopik, kemungkinan ia akan mengalaminya lagi menjadi lebih tinggi. Selain itu, riwayat penyakit menular juga menjadi salah satu faktor risiko yang memicu terjadinya kehamilan ektopik," jelas Dr dr Cahyono Hadi, SH, SpOG, Subsp F E R dari Departemen Obstetri dan Ginekologi FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM), dikutip dari laman resminya, Rabu (13/12).

Menurut dr Cahyono, gejala yang terjadi jika seseorang mengalami kehamilan ektopik adalah rasa nyeri pada perut akibat pecahnya embrio pecah. Namun, perlu diingat bahwa sebelum mengatakan seseorang mengalami kehamilan ektopik, harus dipastikan terlebih dahulu bahwa ia benar-benar sedang hamil.

"Kehamilan bisa dipastikan dengan melakukan tes kehamilan dan pemeriksaan USG," tambahnya.

Untuk mendeteksi terjadinya kehamilan ektopik, pemeriksaan kehamilan sejak dini sangat dianjurkan. Dengan mengetahui kondisi kehamilan sejak awal, kehamilan ektopik bisa lebih awal terdeteksi dan mendapat tindakan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Janin Bayi Hidup di Rongga Perut Wanita 37 Tahun, Begini Penampakannya"