Hagia Sophia

15 December 2023

COVID-19 Meningkat, Warga Malaysia Diminta Pakai Masker Lagi

Warga Malaysia diminta kembali memakai masker imbas kasus COVID-19 meningkat hampir 2 kali lipat sepekan terakhir. Foto: Getty Images/Annice Lyn

Kasus COVID-19 di Malaysia meningkat hampir dua kali lipat dalam sepekan terakhir. Melihat situasi kini, parah ahli medis mengimbau warga untuk kembali mengenakan masker ketika beraktivitas, serta menerapkan langkah-langkah layaknya di puncak pandemi COVID-19.

Ditegaskannya, penggunaan masker amat penting ketika warga beraktivitas di tempat ramai seperti transportasi umum. Utamanya, agar virus tidak menjangkit orang-orang rentan seperti warga berusia lanjut.

Direktur Jenderal Kesehatan Muhammad Radzi Abu Hassan melaporkan, jumlah kasus COVID-19 melonjak dari 6.796 kasus pada dua minggu lalu menjadi 12.757 pada minggu lalu. Kemudian dalam periode waktu 3 hingga 9 Desember, tercatat ada 11 kasus kematian pasien COVID-19.

Dr Muhammad Radzi menyebut, meski terjadi peningkatan kasus baru, namun situasi secara keseluruhan masih terkendali. Fasilitas kesehatan yang ada pun terpantau tidak mengalami penambahan beban. Sebab, sebagian besar pasien hanya mengalami gejala ringan dan tidak memerlukan rawat inap.

Walaupun tak bisa dipungkiri, peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang hampir dua kali lipat ini menimbulkan kekhawatiran. Seperti disampaikan oleh presiden Asosiasi Spesialis Praktik Medis Swasta Malaysia, Dr Balwant Singh Gendeh, kelompok paling rentan dalam gelombang kali ini adalah lansia, pengidap hipertensi, asma, dan kanker.

"Dengan demikian, penggunaan masker akan membantu melindungi orang lain dan mencegah peningkatan kasus COVID-19," tegasnya dikutip dari The Straits Times, Kamis (14/12/2023).

"Bagi mereka yang memiliki gejala mirip flu, memakai masker akan mencegah mereka menulari orang lain. Para lansia dan mereka yang memiliki imunitas rendah sangat dianjurkan untuk memakai masker di lingkungan tertutup atau di tempat yang ventilasinya buruk," imbuh Profesor Moy Foong Ming dari Departemen Pengobatan Sosial dan Pencegahan Universitas Malaya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "COVID-19 Malaysia Naik Hampir 2 Kali Lipat, Warga Diminta Pakai Masker Lagi"