Hagia Sophia

15 December 2023

Beberapa Jenis Jus Penurun Panas yang Bagus Dikonsumsi Saat Sakit

Foto: Ilustrasi demam (Shutterstock)

Untuk membantu menurunkan panas, terdapat cara lain yang dapat dilakukan selain minum obat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu menurunkan panas tubuh.

Nah kamu dapat mengonsumsi buah secara langsung ataupun dengan dijus. Lalu, apa saja jus buah penurun panas? Simak penjelasannya di bawah ini.

10 Jenis Jus Penurun Panas

Dikutip dari situs Healthline, berikut ini macam-macam jus penurun panas:

1. Jus Jeruk
Jus jeruk adalah salah satu jus penurun panas. Jeruk mengandung vitamin C yang bagus bagi tubuh. Vitamin C bersifat antioksidan, yang melindungi sel-sel dari zat yang dapat merusak tubuh. Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan proses penyembuhan menjadi tertunda. Mengonsumsi vitamin C dapat membantu meringankan gejala dan membuat proses pemulihan menjadi lebih cepat.

2. Jus Wortel, Apel, dan Jeruk
Wortel, apel, dan jeruk merupakan kombinasi jus yang tepat untuk membantu tubuh untuk melawan infeksi. Kandungan vitamin A memiliki peran penting, yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung vitamin B-6, yang memainkan peran penting dalam proliferasi sel kekebalan tubuh dan produksi antibodi.

3. Jus Bit, Wortel, Jahe, dan Apel
Jus bit, wortel, jahe, dan apel juga dapat menjadi pilihan sebagai jus penurun panas. Jus dengan bahan ini akan membantu sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala peradangan. Peradangan sering kali adalah respons kekebalan tubuh terhadap infeksi yang berasal dari virus atau bakteri. Jahe memiliki efek antiinflamasi yang bagus untuk kesehatan.

4. Jus Tomat
Tomat kaya akan kandungan vitamin B-9, yang umumnya dikenal sebagai folat. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi. Tomat juga mengandung sedikit magnesium, yang memiliki sifat antiinflamasi.

5. Jus Kale, Tomat, dan Seledri
Dalam satu gelas jus kale, tomat, dan seledri memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Mulai dari magnesium, mangan, kalium, vitamin A, vitamin B-6, vitamin B-9, vitamin C, dan vitamin K.

6. Smoothies Stroberi dan Kiwi
Buah stroberi dan kiwi dapat menjadi pilihan sebagai minuman penurun panas. Kamu dapat menggabungkannya dengan susu skim. Dalam satu gelas mengandung kalsium, mangan, vitamin K, vitamin D, dan sebagainya.

7. Smoothies Stroberi dan Mangga
Vitamin E yang terkandung pada mangga dapat menambahkan manfaat antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam satu porsi smoothies mengandung vitamin A, vitamin B-6, vitamin C, dan kandungan lain yang bagus untuk tubuh.

8. Jus Semangka
Semangka mengandung vitamin C dan arginin, yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, semangka juga dapat membantu meredakan nyeri otot yang merupakan gejala umum flu. Jus semangka memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium, dan sebagainya.

9. Jus Mangga dan Pepaya
Dikutip dari situs AvaCare Medical, buah mangga dan pepaya merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk tubuh. Jus ini memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Kandungan dalam jus ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Jus Buah Beri dan Jeruk
Dikutip dari situs Medical News Today, buah-buahan tersebut dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jus beri dan jeruk juga dapat membantu meringankan demam.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Jenis Jus 'Penurun Panas' yang Baik Dikonsumsi ketika Sakit"