Hagia Sophia

17 March 2023

Ilmu Astronomi: Awal Ramadan 2023 Sama, Idul Fitri Bisa Berbeda

BRIN menjelaskan awal Ramadan akan seragam, tetapi tidak dengan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan penentuan awal Ramadan dan Idul Fitri ditinjau dari ilmu astronomi.

Perbedaan penentuan awal Ramadan dan Idul Fitri masih sering jadi perdebatan. Perbedaan muncul bukan karena metode hisab (perhitungan) dan rukyat (pengamatan), tetapi kurang perbedaan kriteria. Mengatasi persoalan tersebut, ilmu astronomi hadir untuk memberikan kemudahan dalam penentuan kriteria yang bisa disepakati bersama.

Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin, menjelaskan penentuan awal bulan memerlukan kriteria agar bisa disepakati bersama.

Disampaikannya, rukyat memerlukan verifikasi kriteria untuk menghindari kemungkinan rukyat keliru. Sementara, hisab tidak bisa menentukan masuknya awal bulan tanpa adanya kriteria. Sehingga, kriteria menjadi dasar pembuatan kalender berbasis hisab yang dapat digunakan dalam prakiraan rukyat.

Thomas menjelaskan kriteria hilal yang diadopsi adalah kriteria berdasarkan pada dalil syar'i (hukum agama) tentang awal bulan dan hasil kajian astronomis yang sahih.

Kriteria juga harus mengupayakan titik temu pengamal rukyat dan pengamal hisab, untuk menjadi kesepakatan bersama, termasuk Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

"Ada potensi kesamaan awal Ramadan, apabila saat maghrib, 22 Maret 2023 di Indonesia posisi bulan sudah memenuhi kriteria baru MABIMS, yaitu dengan tinggi minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat (3-6,4)," kata Thomas dalam keterangannya, Kamis (16/3/2023).

"Dan pada saat yang bersamaan juga sudah memenuhi kriteria Wujudul Hilal (WH). Sehingga, dua kriteria tersebut menjadi seragam, baik versi 3-6,4 dan WH bahwa 1 Ramadan 1444 pada 23 Maret 2023," sambungnya.

Di sisi lain, Thomas menyebut adanya potensi perbedaan terkait Hari Raya Idul Fitri 1444. Hal ini disebabkan karena pada saat maghrib 20 April 2023, ada potensi di Indonesia posisi bulan belum memenuhi kriteria baru MABIMS.

"Namun di sisi lain, sudah memenuhi kriteria WH. Jadi, ada potensi perbedaan, yaitu versi 3-6,4, 1 Syawal 1444 pada 22 April 2023, sedangkan versi WH, 1 Syawal 1444 pada 21 April 2023," urainya.

Sebab utama terjadinya perbedaan penentuan awal Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha yang terus berulang, jelas Thomas, karena belum disepakatinya kriteria awal bulan hijriah. Prasyarat utama untuk terwujudnya unifikasi kalender hijriah, yaitu harus ada otoritas tunggal.

"Otoritas tunggal akan menentukan kriteria dan batas tanggalnya yang dapat diikuti bersama. Sedangkan kondisi saat ini, otoritas tunggal mungkin bisa diwujudkan dulu di tingkat nasional atau regional. Penentuan ini mengacu pada batas wilayah sebagai satu wilayah hukum (wilayatul hukmi) sesuai batas kedaulatan negara. Kriteria diupayakan untuk disepakati bersama," pungkas Thomas.
























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Pakar BRIN: Awal Ramadan 2023 Seragam, Idul Fitri Berpotensi Berbeda"