Hagia Sophia

17 March 2023

Ingin Miliki Anak Laki-laki? Ini Tipsnya

Cara agar hamil anak laki-laki. Foto: Getty Images/iStockphoto/artplus

Cara agar hamil anak laki-laki mungkin paling bikin pasangan suami istri penasaran. Tentu saja peluang mendapatkan anak laki-laki dan perempuan sama. Orang tua juga, pasti, sama sayangnya pada anak laki-laki dan perempuan.

Namun tak ada salahnya mencoba metode berikut, bagi keluarga yang menginginkan anak laki-laki. Terlepas dari jenis kelaminnya, buah hati adalah anugerah yang dititipkan Tuhan pada orang tua. Amanah ini tentu harus dijaga dengan baik.

Cara Agar Hamil Anak Laki-Laki

Jenis kelamin ditentukan kromosom yang tersusun dari protein dan satu molekul asam deoksiribonukleat (DNA). Anak akan mendapat satu kromosom lengkap dari ayah dan ibu.

Apabila anak mendapat kromosom Y dari ayah, maka akan terbentuklah kromosom XY yang berarti jenis kelamin laki-laki. Berikut upaya yang bisa dilakukan agar hamil anak laki-laki.

1. Suami Berpuasa Hubungan Intim Minimal 5 Hari
Menurut buku Panduan Kehamilan Muslimah, untuk hamil anak laki-laki, suami harus berpuasa melakukan hubungan intim minimal lima hari sebelum masa subur istri. Hal ini dilakukan agar tak ada lagi sel sperma dengan kromosom X yang bertahan di vagina atau rahim istri. Selain itu, puasa ini juga bisa meningkatkan kesuburan pria.

2. Perbanyak Makan Ikan, Hindari Daging
Secara medis, ikan akan menghasilkan zat yang mempengaruhi pH vagina menjadi lebih basa. Hasilnya, daya tahan kromosom Y di vagina lebih lama. Makanan tinggi basa misalnya tomat, kentang, wortel, jamur, bayam, dan alpukat.

3. Berhubungan Intim Tepat di Masa Subur
Sebaiknya, hubungan intim dilakukan di masa subur, yaitu 12 jam sebelum atau 12 jam sesudah ovulasi. Hal ini bertujuan agar sel spermatozoa dengan kromosom Y segera membuahi sel telur sebelum sel sperma dengan kromosom X.

4. Mengkonsumsi Makanan dengan Kandungan Kalium dan Natrium
Menurut situs Bali Royal Hospital, wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan natrium tinggi memiliki peluang yang tinggi untuk mendapat anak laki-laki Adapun contoh makanan dengan kandungan tersebut adalah makanan asin, sereal, pisang atau telur.

5. Istri Harus Orgasme
Orgasme ketika berhubungan intim dikatakan dapat menjadi upaya mendapatkan anak laki-laki. Sebab, orgasme yang dialami wanita memicu produksi cairan vagina yang bersifat basa.

Hal ini bisa membantu sperma yang membawa kromosom Y bertahan hidup dalam lingkungan vagina. Orgasme juga memudahkan pergerakan sperma menuju serviks. Pergerakan ini membantu sperma merebut kesempatan membuahi sel telur.

6. Diet Tinggi Kalori
Menurut Dr Cheryl Rosenfeld dari Universitas Missouri mengatakan bahwa, pada umumnya diet tinggi kalori mendukung kelahiran bayi laki-laki ketimbang perempuan. Sebaliknya, diet rendah kalori cenderung memberikan peluang kelahiran bayi perempuan.

7. Mengkonsumsi Beberapa Macam Vitamin
Mengutip USG Majalengka, selain kesuburan wanita, kesuburan laki-laki juga menjadi faktor kunci berhasil dalam proses kehamilan. Laki-laki membutuhkan vitamin atau suplemen yang bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas sperma. Adapun beberapa vitamin tersebut adalah:
  • Asam folat
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin D
  • Zinc
Itulah 7 cara agar hamil anak laki-laki yang bisa dicoba pasangan, tentunya dengan pengawasan dokter yang kompeten. Semoga informasi ini membantu Detikers yang sedang menjalani program kehamilan ya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Cara Agar Hamil Anak Laki-Laki yang Perlu Diketahui, Kapan Berhubungan Intim?"