Hagia Sophia

17 March 2023

Liga Eropa: Juventus Singkirkan Freiburg 2-0

Juventus kalahkan Freiburg 2-0 dan lolos ke Perempatfinal Liga Europa (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Juventus melangkah ke Perempatfinal Liga Europa 2022/2023. Ini setelah Bianconeri mengalahkan SC Freiburg 2-0 di leg kedua Babak 16 Besar.

Bermodalan kemenangan 1-0 pekan lalu, Juventus gantian melawat ke Europa-Park Stadium, Jumat (17/3/2023) dini hari WIB. Juventus memang kalah penguasaan bola tapi lebih agresif dengan 15 attempts, delapan on goal berbanding empat on goal milik tuan rumah.

Gol-gol Juventus dihasilkan di masing-masing babak, lewat penalti Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa. Si Nyonya Tua melaju ke babak delapan besar dengan keunggulan agregat 3-0.

Jalannya pertandingan

Juventus tidak menurunkan Angel Di Maria yang mencetak gol pada leg pertama pekan lalu. Moise Kean dan Dusan Vlahovic dipasang di lini serang yang ditopang Filip Kostic dan Juan Cuadrado dari sayap.

Ritsu Doan yang membuat peluang pertama di laga ini dan nyaris membawa Freiburg unggul, andaikan sepakan cungkilnya tak melebar dari gawang Wojciech Szczesny.

Mark Flekken menyelamatkan gawangnya pada menit ke-15 usai menepis bola sepakan Manuel Locatelli.

Mathias Ginter punya kans untuk Freiburg pada menit ke-23 tapi tandukannya dari situasi sepak pojok bisa ditepis Szczesny.

Juventus sempat mencetak gol lewat Vlahovic pada menit ke-28 ketika mencocor bola dalam situasi kemelut di depan gawang Freiburg. VAR menganulir gol itu karena Vlahovic sudah offside lebih dulu.

Juventus terus menggempur pertahanan Freiburg dan dua kali hampir unggul di menit ke-41, tapi bisa digagalkan Flekken dan pemain di garis gawang.

Juventus mendapat penalti pada menit ke-44 setelah Manuel Gulde menahan bola sepakan Federico Gatti dengan tangannya. Kartu merah diberikan untuk Gulde dan Juventus unggul 1-0 karena penalti Vlahovic ke pojok atas gawang.

Penalti Dusan Vlahovic membawa Juventus unggul 1-0 Foto: REUTERS/KAI PFAFFENBACH

Skor tersebut bertahan hingga turun minum. Masuk di babak kedua, Juventus masih mendominasi dan mencari cara untuk bikin gol kedua agar Freiburg makin sulit mengejar.

Freiburg dan Juventus saling bertukar serangan di babak kedua. Felken menyelamatkan bola tandukan Kean pada menit ke-59.

Di 15 menit terakhir pertandingan, Juventus lebih banyak memainkan bola demi mengulur waktu. Kean kembali punya kans untuk bikin gol di menit ke-84, meski tembakan kerasnya masih melebar.

Juventus memastikan kemenangan 2-0 lewat gol pemain pengganti Frederico Chiesa pada menit ke-95. Adrien Rabiot menyodorkan bola yang mudah saja disepak Chiesa ke gawang Freiburg.

Federico Chiesa memastikan kemenangan 2-0 Juventus (Foto: REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Susunan pemain

Freiburg: Mark Flekken; Lukas Kubler, Matthias Ginter, Manuel Gulde; Kiliann Sildialli, Maximilian Eggestein (Kenneth Schmidt 45'), Nicolas Hofler, Christian Guenter (Noah Weisshaupt 74'); Ritsu Doan (Roland Sallai 62'), Michael Gregoritsch (Nils Petersen 74'), Lucas Holer (Vincenzo Grifo 64').

Juventus: Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Federico Gatti; Juan Cuadrado (Mattia De Sciglio 85'), Nicolo Fagioli, Manuel Locatelli (Enzo Barrenechea 84'), Adrien Rabiot, Filip Kostic (Samuel Iling-Junior 70'); Dusan Vlahovic (Federico Chiesa 70'), Moise Kean (Matìas Soulè 91').
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Singkirkan Freiburg, Juventus Pijak Perempatfinal Liga Europa"