Hagia Sophia

26 September 2023

Pakar Kesehatan: Disease X Berisiko Picu 50 Juta Kematian

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/ktsimage

Seorang praktisi kesehatan di Inggris menyampaikannya peringatannya perihal risiko kedatangan pandemi baru 'Disease X'. Menurutnya, penyakit ini akan menimbulkan kasus kematian yang jauh lebih besar dibandingkan COVID-19, mencapai setidaknya 50 juta kematian orang di dunia.

Hal itu diungkapkan oleh pakar vaksin Dame Kate Bingham. Menurutnya, dunia selama ini sedikit 'beruntung' karena COVID-19 tidak lebih mematikan dibandingkan Disease X. Sebab, penyakit baru tersebut bisa tujuh kali lebih mematikan dari COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjuluki pandemi berikutnya sebagai 'Disease X'. Banyak ahli berpendapat bahwa penyakit ini 'sedang dalam perjalanan'. Sejumlah pakar menduga, penyakit ini nantinya akan berasal dari virus yang memang sudah ada sebelumnya.

"Pandemi flu pada tahun 1918-1919 menewaskan sedikitnya 50 juta orang di seluruh dunia, dua kali lebih banyak dari jumlah korban tewas dalam Perang Dunia I," ujar Dame Kate dikutip dari Express, Senin (25/9/2023).

"Saat ini, kita memperkirakan jumlah kematian yang sama disebabkan oleh salah satu dari sekian banyak virus yang sudah ada. Saat ini, terdapat lebih banyak virus yang sibuk bereplikasi dan bermutasi dibandingkan gabungan semua bentuk kehidupan lain di planet kita," imbuhnya.

Menurutnya, tidak semua kemungkinan penyakit baru tersebut menimbulkan ancaman besar bagi manusia. Namun tak menutup mata, banyak juga penyakit yang menimbulkan ancaman bagi manusia.

Dame Kate menyarankan agar para ilmuwan memantau 25 keluarga virus, yang masing-masing terdiri dari ribuan virus dan berpotensi berkembang menjadi pandemi yang membawa bencana besar. Jumlah keluarga virus ini belum termasuk virus yang dapat berpindah dari hewan lain ke manusia.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pakar di Inggris Sebut Disease X Sudah 'OTW', Berisiko Picu 50 Juta Kematian"