Hagia Sophia

26 September 2023

Ini Beda Gejala Penyakit Jantung pada Pria dan Wanita

Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/monstArrr_

Tak bisa menutup mata, ancaman serangan jantung dan beragam penyakit jantung lainnya dipandang sebagai momok mengerikan. Sebab, pada banyak kasus penyakit ini datang tiba-tiba tanpa tanda apa pun, kemudian secara mendadak menyebabkan kematian.

Namun rupanya menurut dokter, ada sejumlah gejala yang mungkin bisa dikenali sebagai tanda masalah pada jantung. Sebagaimana dijelaskan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Erta Priadi, SpJP, FIHA, tanda-tanda penyakit jantung koroner pada pria dan wanita bisa berbeda. Seperti apa?

"(Pada pria) seringkali dirasakan seperti nyeri atau tekanan tengah dada, yang menjalar ke lengan, punggung, leher, atau rahang. Nah ini adalah gejala klasik. Ada juga penyerta misalnya mual, muntah, sesak napas atau napas pendek, keringat dingin," terangnya dalam konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan RI, Senin (25/9/2023).

Selain itu pada pria, penyakit jantung juga bisa memunculkan gejala berupa keringat dingin. Dalam hal ini, pria yang mengalami serangan jantung seringkali berkeringat dingin dan merasa sangat cemas, atau ketakutan.

"Tapi kalau misalnya pada wanita, nyeri dadanya itu cenderung tidak khas. Dapat berupa nyeri, rasa terbakar, atau ketidaknyamanan di dada. Nyeri juga bisa dirasakan di setiap bagian tubuh lain seperti di lengan, punggung, leher, atau perut. Bahkan bisa jadi tidak disertai nyeri dada," imbuh dr Erta.

Lebih lanjut menurutnya, pada wanita, rasa lelah yang tidak wajar dan terus-menerus juga bisa menandakan penyakit jantung koroner. Walhasil, penting untuk memeriksakan keluhan rasa lelah ini. Misalnya, dengan melakukan pemeriksaan secara rutin di fasilitas kesehatan.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Sering Diabaikan, Catat Beda Gejala Penyakit Jantung pada Pria Vs Wanita"