Hagia Sophia

08 February 2023

Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Malam Hari

Tanda kolesterol tinggi yang kerap muncul di malam hari. (Foto ilustrasi: Shutterstock/)

Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa sangat berbahaya dan menyebabkan komplikasi penyakit yang serius. Tetapi, seringkali kondisi ini tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan yang mudah dikenali.

Kolesterol tinggi menyebabkan timbunan lemak berkembang di pembuluh darah. Penumpukkan ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memotong suplai darah ke jantung serta otak.

Tak hanya itu, terkadang endapan ini juga bisa pecah dan menyebabkan penggumpalan. Kondisi ini seringkali mengakibatkan masalah medis yang serius, seperti serangan jantung, stroke, atau transient ischemic attack (TIA) yang dikenal sebagai mini stroke.

Maka dari itu, sangat disarankan melakukan tes darah untuk memastikan kadar kolesterol di dalam tubuh masih dalam batas yang normal. Namun, masih ada beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa diwaspadai, terutama yang kerap muncul di malam hari.

Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Malam Hari

Kesulitan Tidur
Sebuah studi tahun 2014 membuktikan bahwa ada hubungan antara pola tidur dan kolesterol tinggi. Para ahli menemukan seringkali sulit tidur atau tetap tertidur mungkin merupakan tanda awal tersembunyi dari kolesterol tinggi.

Meski begitu, penelitian tersebut tidak dapat memastikan bahwa gangguan tidur adalah gejala dari kolesterol tinggi. Namun, menurut Dr Don Grant dari The Independent Pharmacy, kaitan antara keduanya itu mungkin saja bisa terjadi.

"Bukan tidak masuk akal untuk mengatakan bahwa jika orang memang memiliki masalah tidur atau tetap tertidur, mereka mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan tes darah untuk menentukan apakah mereka memiliki kolesterol tinggi," jelas Dr Grant yang dikutip dari Mirror UK, Selasa (7/2/2023).

Rasa Sakit di Kaki
Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit arteri perifer (PAD), yang menyebabkan aliran darah di arteri ke bagian tubuh tertentu terhambat. Dikutip dari Express UK, gejala PAD ini berkembang perlahan seiring waktu.

Gejala lain dari PAD tingkat lanjut termasuk rasa sakit yang membakar atau sakit di kaki maupun jari kaki saat istirahat. Kondisi ini seringkali muncul di malam hari sambil berbaring telentang.

Kelainan Pada Kulit
Selain itu, seseorang dengan kolesterol tinggi juga bisa mengalami:
  • Kulit dingin di kaki
  • Kemerahan atau perubahan warna lain pada kulit
  • Peningkatan terjadinya infeksi
  • Luka pada kaki yang tidak kunjung sembuh























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tanda Kolesterol Tinggi yang Kerap Muncul Malam Hari, Termasuk Sulit Tidur"