Hagia Sophia

08 February 2023

Bila Man City Terima Hukuman Degradasi, Arsenal Lebih Cepat Jadi Juara

Foto: Getty Images/Alex Pantling

Manchester City dibayangi hukuman pengurangan poin, degradasi, sampai didepak dari Liga Inggris karena dakwaan pelanggaran finansial. Andai didepak musim ini, berikut klasemen Liga Inggris-nya.

Manchester City didakwa Premier League pada Selasa (6/2). Pihak Premier League mendakwa Manchester City terkait pelanggaran finansial yang dilakukan selama periode 2009/2010 hingga 2017/2018.

Dasar hukum yang dipakai adalah aturan kompetisi pasal 82 no 1 yang membuat City dituduh lakukan setidaknya pelanggaran 100 kasus.

The Citizens dianggap beberapa di antaranya melakukan manipulasi dalam hal laporan pendapatan klub, termasuk kerjasama sponsor. Selain itu, City juga disebut mengakali nilai kontrak manajer dan para pemain selama periode itu.

Pihak Premier League masih lakukan investigasi. Pihak City terkejut dan meminta agar dakwaan itu dihapuskan.

The Sun melansir, investigasi dari Premier League mungkin tidak akan berbuah dalam waktu dekat. Namun andai kejadian dan salah satu hukuman yang akan diterima Manchester City adalah didepak dari Liga Inggris, cerita musim ini akan berbeda.

Jika Man City didepak dan poin-poin dari tim yang menang atas City, seri, atau dikalahkan akan dihapus maka posisi Klasemen Liga Inggris kini tidak akan berubah di puncak. Arsenal masih jadi penguasa dengan 50 poin dari 20 laga.

Di posisi empat besar selanjutnya ada Newcastle dengan 39 poin dari 20 laga yang ditempel oleh Manchester United. Lalu, ada Tottenham Hotspur dengan 36 poin dari 19 laga.

Di posisi 10 besar tidak banyak perubahan. Dari peringkat kelima sampai ke-10 yakni diisi Brighton 34 poin (20 laga), Fulham 32 poin (22 laga), Brentford 30 poin (20 laga), Chelsea 30 poin (21 laga), Aston Villa 27 poin (20 laga), Liverpool 26 poin (19 laga).

Arsenal unggul 11 poin dari Newcastle sebagai pesaing terdekat. Tentu bisa dibilang andai Manchester City didepak dari Liga Inggris musim ini, The Gunners bisa cepat-cepat kunci titel.

Di Klasemen Liga Inggris terkini, Arsenal masih terus dibuntuti Manchester City dengan perbandingan 50 dan 45 poin.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Klasemen Liga Inggris Andai Man City Didepak, Arsenal Cepat Juara"