Hagia Sophia

08 February 2023

Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker? Ini Kata Dokter

Ukuran payudara yang lebih besar disebut berisiko terkena kanker payudara. (Foto ilustrasi: iStock)

Kanker payudara masih menjadi penyakit berbahaya yang menghantui wanita. Berbagai mitos penyebab kanker ini juga kerap bermunculan di masyarakat, salah satunya wanita yang memiliki ukuran payudara besar lebih rentan terkena kanker. Benarkah begitu?

Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi, Dr dr Samuel Haryono, SpB (K) Onk dari RS Siloam mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah hoaks. Menurutnya, ukuran payudara tidak berkaitan dengan risiko kanker payudara.

"Payudara besar dan kecil, itu nggak ada hubungannya ya. Payudara kecil pun juga rentan terkena kanker bisa saja. Risiko kanker bukan pada ukuran payudara," ucapnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2023).

Menurut dr Samuel, risiko terkena kanker payudara bukan berasal dari ukuran payudara, melainkan dari faktor risiko internal maupun eksternal. Adapun faktornya, seperti:
  • Wanita dengan keturunan (genetik)
  • Lifestyle atau gaya hidup
  • Wanita yang pernah diradiasi atau pernah kena kanker
  • Punya anak di atas 35 tahun
Karenanya, ia mengingatkan masyarakat penting untuk mendeteksi kanker payudara. Sekecil apapun benjolan yang ditemukan segera konsultasikan diri ke dokter.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Punya Payudara Besar Lebih Berisiko Kena Kanker? Begini Kata Dokter"