Hagia Sophia

08 February 2023

Ini Efeknya Bila Miliki Kadar Kolesterol Tinggi

Dampak buruk kolesterol tinggi pada tubuh. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang ditemukan di semua sel di tubuh. Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu mencerna makanan. Namun, bagaimana jika kolesterol terlalu tinggi dan apa efeknya bagi tubuh?

Kolesterol yang tinggi akan membentuk plak di dalam pembuluh darah dan arteri. Plak tersebut bisa mempersempit sehingga darah yang lewat akan makin sedikit dan bahkan bisa menyumbat sampai darah tak bisa mengalir.

Ini sebabnya kolesterol tinggi jika tidak diobati akan berbahaya. Memiliki kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala dan hanya bisa diketahui melalui tes darah. Apabila kadar kolesterol berada di atas 240 mg/dL, maka sudah termasuk kadar tinggi dan harus segera diturunkan sebelum menimbulkan komplikasi.

Dikutip dari Cleveland Clinic, 5 efek ini bisa dirasakan di tubuh apabila memiliki kolesterol yang cukup tinggi.

1. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol tinggi saling berhubungan. Plak kolesterol dan kalsium menyebabkan arteri menjadi keras dan menyempit. Jadi, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ketika melaluinya. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi.

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi adalah dua penyebab terbesar penyakit jantung. Bahkan di Amerika Serikat, sekitar 1 dari 3 orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, dan 1 dari 3 orang dewasa memiliki kolesterol tinggi.

2. Alzheimer

Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa low density lipoprotein (LDL) dikenal sebagai kolesterol jahat berhubungan dengan adanya protein peptida pada sel otak pasien alzheimer dan mempengaruhi ingatan, suasana hati, serta kebiasaan. Dengan demikian, terungkap jelas mengapa meningkatnya kadar kolesterol jahat juga mengakibatkan meningkatnya risiko alzheimer.

3. Serangan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian. Penyakit jantung koroner memengaruhi arteri koroner. Ini adalah pembuluh darah yang membawa darah ke jantung, ketika jantung tidak mendapatkan cukup darah, jantung menjadi lebih dan berhenti bekerja. Hal itu dapat menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung.

Penyakit jantung koroner dapat memengaruhi orang yang lebih muda. Itulah mengapa penting untuk memeriksakan kolesterol sejak usia muda, sehingga seiring waktu plak diam-diam dapat menumpuk di arteri koroner.

4. Stroke

Jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi atau kolesterol baik terlalu rendah, maka timbunan lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Endapan ini mempersulit darah untuk mengalir melalui arteri yang menyebabkan masalah di seluruh tubuh, utamanya jantung dan otak yang bisa menyebabkan stroke.

5. Penyakit Arteri Perifer (PAD)

Tingginya kadar kolesterol membuat hambatan aliran darah tersebut bisa dilihat secara kasat mata dan dirasakan pada kaki. Aliran darah ke kaki yang berkurang menyebabkan PAD. Penyakit ini memicu rasa nyeri kaki ketika berjalan.

Namun, PAD berbahaya karena seringkali tidak menimbulkan gejala. Biasanya, seseorang mulai merasakan gejala ketika arteri perifer tersumbat setidaknya 60 persen. Dan PAD, dapat menyebabkan masalah besar pada tungkai dan kaki, namun juga tempat lain di tubuh.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Efek Ini Bisa Kamu Rasakan di Tubuh Jika Punya Kolesterol Tinggi"