Hagia Sophia

08 February 2023

Tidak Punya Anak Akan Umur Panjang?

Selebram Gitasav trending usai sebut childfree bikin awet muda. (Foto: Instagram/gitasav)

Selebgram Gitasav atau Gita Savitri menjadi topik pembahasan netizen setelah komentarnya menyebut childfree sebagai salah satu cara awet muda. Hal ini disampaikan Gita saat membalas komentar salah satu warganet yang memuji wajah awet mudanya.

"Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox," tulisnya membalas komentar tersebut.

Kata Gita, tidak memiliki anak adalah cara melawan penuaan secara alami. Hal ini karena ia memiliki waktu yang lebih lama untuk mengurusi dirinya, tidak stres karena anak berteriak dan bisa tidur 8 jam.

Pernyataan tersebut sontak memicu berbagai komentar dari warganet. Ada yang sependapat dengan Gita tapi ada juga yang menyebut tak ada kaitannya awet muda dengan memiliki anak.

Tapi, benar nggak sih tidak memiliki anak bikin wanita awet muda?

Sebuah analisis yang dikumpulkan dari hampir 2.000 wanita usia reproduksi di AS mengungkapkan bahwa wanita yang telah melahirkan membuat DNA wanita menua.

Studi tersebut memiliki bukti penanda genetik yang berubah dan menunjukkan bahwa mereka telah mengalami penuaan sel yang dipercepat secara signifikan. Penelitian tersebut melihat bagaimana telomere, bagian dalam sel manusia, yang mempengaruhi penuaan sel.

Hasilnya, wanita yang memiliki anak mempunyai telomere yang lebih pendek.

"Kami terkejut menemukan hasil yang mencolok. Ini setara dengan sekitar 11 tahun percepatan penuaan sel," kata ahli epidemiologi Anna Pollack, kepada New Scientist.

Telomere adalah molekul yang bertindak sebagai tutup di ujung kromosom dan membantu melindungi informasi genetik dalam sel agar tidak memburuk seiring waktu. Pakar meyakini, semakin panjang telomere seseorang, kesehatannya akan lebih baik sehingga membuat seseorang panjang umur.

"Kami menemukan bahwa wanita yang memiliki 5 anak atau lebih memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan yang tidak punya anak dan relatif lebih pendek dibandingkan yang punya anak satu, dua, tiga atau empat," lanjutnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Disinggung Gitasav, Benarkah Childfree Bikin Awet Muda? Studi Bilang Gini"