Hagia Sophia

26 December 2022

Akibat Diabetes, Kaki Suti Karno Diamputasi

Aktris Suti Karno. (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)

Aktris senior Suti Karno atau lebih dikenal dengan Atun harus menjalani operasi amputasi kaki imbas diabetes yang diidapnya. Suti Karno sudah mengidap diabetes sejak 18 tahun lalu.

"Yang minta amputasi saya, kan merambat lukanya. Saya bilang potong aja gitu. Ya saya memang kurang mencintai diri saya," jelasnya saat ditemui di Studio Trans TV beberapa waktu lalu.

Diabetes yang dialami Suti Karno diakuinya karena sejak muda dulu ia sering mengkonsumsi minuman manis dan bersoda. Ia bahkan jarang minum air putih.

Saat merasa haus disela-sela syuting sinetron Si Doel Anak Betawi, Suti Karno kerap kali meminta dibelikan es teh manis.

"Diabetes itu saja udah 18 tahun. Salah saya ya. Saya jarang minum air putih saya minum soda terus yang manis-manis," jelasnya.

Ia bercerita kaki kanannya yang diamputasi awalnya hanya mengalami luka di dua jari. Kesibukan dan aktivitas padat membuatnya terlambat mendapat penanganan sehingga sel-sel di kakinya mulai mati dan menghitam.

"Konsultasi ke dokter vaskular, takutnya lama-lama menyebar, enggak bisa diselamatkan, karena pembuluh darah dibagian depan kaki sudah mati," bebernya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Suti Karno Diabetes hingga Amputasi, Akui gegara Jarang Minum Air Putih"