Hagia Sophia

08 January 2023

Ivan Gunawan Lakukan Operasi Hidung di Turki, Ini Kisahnya

Ivan Gunawan operasi hidung. (Foto: Instagram @ivan_gunawan)

Ivan Gunawan baru-baru ini menjalani operasi plastik di Turki. Melalui akun Instagram pribadinya (@ivan_gunawan) mengunggah momen pasca operasi yang dilakukan pada bagian hidung.

"Aku datang ke dokter terbaik untuk mengubah hidungku jadi lebih indah," tulis Ivan Gunawan di akun IG-nya sembari menautkan nama dokter yang mengoperasi bagian hidungnya.

Operasi hidung ini dijalani pada akhir Desember 2022 lalu. Ia menyebut ini menjadi kado ulang tahun baginya yang berusia 41 tahun pada 31 Desember 2022. Figur publik yang kerap dipanggil Igun ini mengaku menyukai hasil operasi hidungnya.

Pasca operasi hidung, Igun mengaku mempunyai rutinitas baru yakni dengan memberi perban di hidungnya sebelum tidur. Ini dilakukan agar hidungnya kembali normal setelah bengkak usai operasi.

"Jadi ini rutinitas sebelum aku tidur, jadi supaya hidungnya cepat kempes dan bentuknya proporsi prima. Jadi kalau lagi tidur memang harus diperban," ucapnya melalui Instagram Story dengan memperlihatkan hidungnya sedang diperban.

Apa itu operasi hidung?

Dikutip dari Medical News Today, operasi hidung atau rhinoplasty seperti yang dilakukan Igun merupakan pembedahan komestik dengan maksud mengubah struktur tulang dan kulit hidung agar lebih mancung atau datar

Tak hanya untuk memperbaiki penampilan, tindakan ini bermanfaat untuk mengatasi kelainan bentuk akibat cedera atau cacat bawaan dan membuka aliran udara agar tidak tersumbat.

Tujuan Operasi Hidung

Beberapa orang yang menjalani operasi hidung bertujuan untuk:
  • Memperbaiki cacat bawaan lahir
  • Membuka jalan napas hidung yang tersumbat
  • Meningkatkan penampilan
  • Memperbaiki patah tulang wajah
  • Mengembalikan fungsi pernafasan setelah sakit, pengobatan kanker, luka traumatis atau luka bakar.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fakta-fakta Operasi Hidung, Dijajal Ivan Gunawan di Turki"