Hagia Sophia

08 January 2023

Liga Spanyol: Villarreal Unggul Atas Real Madrid 2-1

Real Madrid tumbang di markas Villarreal 1-2 di lanjutan LaLiga. (Foto: AP/Alberto Saiz)

Juara bertahan Real Madrid mesti gigit jari usai dalam laga tandangnya ke Villarreal. Diwarnai dua penalti, Madrid dipaksa menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Villarreal menjamu Madrid di Stadion De La Ceramica pada Sabtu (7/1/2023) malam WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di sepanjang babak pertama.

Yeremy Pino membawa Villarreal unggul hanya sesaat setelah turun minum. Madrid kemudian membalas melalui gol penalti Karim Benzema, tapi segera dibatalkan usai Villarreal mengonversi hadiah penalti lain melalui Gerard Moreno.

Dengan hasil ini Real Madrid melewatkan peluang memuncaki klasemen LaLiga. Los Blancos tetap di peringkat kedua dengan perolehan 38 poin dari 16 pertandingan, di bawah Barcelona yang baru akan bertanding pada Senin (9/1) dinihari WIB. Sementara itu Villarreal naik ke peringkat lima usai mengoleksi 27 poin.

Jalannya Pertandingan

Villarreal nyaris mengejutkan Real Madrid. Di menit kelima, Alberto Moreno mengirim umpan silang dari sayap kiri disambut Francis Coquelin dengan backhell. Thibaut Courtois takluk, tapi bola cuma mengenai tiang gawang Madrid.

Madrid merespons pada menit ke-14. Karim Benzema melepaskan sepakan melengkung dari tepi kotak penalti Villarreal, meskipun bola masih melayang tipis di atas gawang.

Tujuh menit berselang, Madrid menciptakan peluang lain. Kerja sama Benzema dengan Eder Militao diakhiri dengan sepakan dari sisi kanan kotak penalti Villarreal. Akan tetapi, kawalan Moreno membuat sepakan Militao cuma bersarang di sisi luar gawang.

Villarreal membuang sebuah peluang emas. Umpan terobosan Gerard Moreno membebaskan Yeremy Pino di depan sehingga menciptakan situasi one on one. Courtois membuat penyelamatan bagus untuk menangkal upaya Pino.

Tidak lama kemudian, umpan Gerard Moreno kepada Chukwueze di sayap kanan menembus pertahanan Madrid. Sodoran Chukwueze kepada Alex Baena diteruskan dengan sepakan first-time, bola melebar dari sudut atas gawang.

Jelang turun minum, Federico Valverde melepaskan umpan silang kepada Benzema. Bola diteruskan kepada Vinicius Junior, yang diakhiri dengan tembakan mendatar. Pepe Reina masih sigap mengamankan bola.

Tusukan Pino dari sisi kiri diakhiri dengan umpan tarik kepada Dani Parejo. Akan tetapi, Parejo gagal mengontrol bola dengan baik sehingga Courtois dengan mudah menangkap bola. Skor 0-0 bertahan sampai akhir babak pertama.

Kebuntuan terpecah di menit ke-47. Pino membobol gawang Madrid untuk membuka keunggulan Villarreal 1-0.

Gerard Moreno melepaskan umpan silang ke sisi kiri kotak penalti, yang membuka lini pertahanan Madrid. Yeremy Pino berdiri tidak terkawal lalu menyelesaikan dengan sepakan kaki kanan.

Usai tertinggal, Madrid meningkatkan intensitasnya. Operan Toni Kroos kepada Benzema diakhiri dengan sepakan dari depan gawang tapi hanya melenceng dari tiang gawang Villareal.

Penalti. Wasit menghadiahkan Madrid penalti setelah hand ball yang dilakukan Juan Foyth saat mengawal Vinicius Junior. Benzema maju sebagai eksekutor lalu mengirim Reina ke arah yang salah untuk menyeimbangkan skor menjadi 1-1 di menit ke-60.

Hanya semenit berselang, Villarreal diberi penalti setelah David Alaba hand ball usai terpeleset ketika Foyth sedang menyodorkan bola. Gerard Moreno mengecoh Courtois dengan melepaskan tembakan mendatar ke sisi kiri.

Villarreal kembali memimpin atas Madrid 2-1 di menit ke-63.

Sebuah peluang apik dihasilkan Madrid untuk mencetak gol penyama. Namun, percobaan Rodrygo masih belum tepat sasaran. Crossing Valverde diterima Rodrygo lalu diteruskan dengan tembakan yang mendatar, tapi bola melenceng tipis dari tiang gawang Villarreal.

Villarreal justru terus menekan di menit-menit akhir waktu normal. Arnaut Danjuma terlalu lama menguasai bola di kotak penalti Madrid, sebelum dioper kepada Chukwueze yang melepaskan tembakan di tiang dekat. Courtois menghalau bola untuk menjadikan sepak pojok.

Villarreal melewatkan kesempatan mencetak gol ketiga. Di detik-detik terakhir, Danjuma gagal menceploskan bola ke gawang yang kosong usai ditinggal Courtois menyusul sepak pojok Madrid. Sepakan Danjuma dari depan kotak penalti melebar di dekat tiang. Meski begitu, Villarreal tetap berhak atas kemenangan dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

VILLARREAL: Pepe Reina, Raul Albiol, Alberto Moreno, Pau Torres, Foyth, Dani Parejo, Coquelin (Trigueros 89'), Chukwueze, Alex Baena, Yeremy Pino (Jose Morales 82'), Gerard Moreno (Danjuma 88')

REAL MADRID: Courtois, Alaba, Ruediger, Militao, Ferland Mendy (Rodrygo 64'), Luka Modric (Camavinga 70'), Kroos, Valverde (Asensio 83'), Tchouameni (Vazquez 64') Benzema, Vinicius Junior























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Villarreal Vs Madrid: Diwarnai 2 Penalti, Los Blancos Tumbang"