Hagia Sophia

08 January 2023

Mengenal Lubang Terbesar dan Terdalam di Dunia

Xiaoxhai Tiankeng, sinkhole terbesar dan terdalam di dunia. Foto: Wikipedia

Sinkhole atau lubang raksasa yang muncul alami, ada di banyak tempat. Akan tetapi yang satu ini memang istimewa karena begitu besarnya. Letaknya di Chongqing, China, dan bernama Xiaoxhai Tiankeng.

Beberapa ahli bertanya-tanya apakah formasi misterius sinkhole ini adalah hasil meteorit menabrak Bumi. Yang lain percaya secara bertahap terbentuk selama sekitar 128.000 tahun, karena air yang merembes ke sungai bawah tanah perlahan 'mengukir' batu kapur di sekitarnya.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, satu hal yang pasti adalah, dengan kedalaman diestimasi 660 meter dan volume 130 juta meter kubik, Xiaoxhai Tiankeng adalah sinkhole terdalam dan terbesar di dunia.

Tiankeng berarti Lubang Surgawi. Sinkhole ini merupakan rumah bagi ekosistem sekitar 1.285 spesies tanaman dan hewan. Di musim hujan, air terjun mengalir dari mulut lubang, menuju sungai bawah tanah dan jaringan gua di dasarnya.

Penduduk setempat telah mengetahui tentang sinkhole ini selama berabad-abad dan ditemukan oleh dunia luar tahun 1994, ketika penjelajah Inggris mencoba survei sistem gua bawah tanah area itu yang seperti labirin.

Meskipun para ahli sudah mencoba memetakan sungai bawah tanah lima kali dalam periode 10 tahun,semburan air yang deras terlalu sulit untuk dinavigasi sehingga berujung kegagalan.

Maka akibatnya, dunia bawah tanah yang gelap dan dalam ini tetap jadi salah satu misteri geologis besar China. Masih banyak yang belum diketahui tentang sinkhole tersebut sampai saat ini.























Artikel ini telah tayang di inet.detik..com dengan judul "Xiaoxhai Tiankeng, Lubang Raksasa Terbesar dan Terdalam Dunia"