Hagia Sophia

08 January 2023

Tips Turunkan Berat Badan ala Ade Rai

Ade Rai. (Foto: Ayunda/detikHealth)

Viral tips mudah menurunkan berat badan versi Ade Rai. Banyak netizen yang mengaku sudah mencoba dan berhasil menurunkan BB dengan tips dari Ade Rai.

Salah satu metode diet yang disebut sangat berpengaruh dalam penurunan berat badan adalah intermittent fasting atau diet puasa. Diet puasa adalah membatasi jadwal makan seseorang sebanyak delapan jam. Contohnya, seseorang mengonsumsi makan siang sekitar pukul 11.00 dan dilanjut dengan makan malam pada pukul 19.00.

Melalui kanal YouTubenya, pria kelahiran 6 Mei 1970 itu membagikan tips mudah untuk menurunkan berat badan hanya dalam waktu satu minggu.

1. Ubah Jadwal Makan

Ade Rai menjelaskan hanya pada saat tidur, orang tidak akan makan. Artinya, sekitar 30 persen dalam 24 jam dihabiskan orang-orang untuk tidak makan. Dan sisanya, sebesar 70 persen adalah waktu untuk makan.

Menurut Ade Rai, hal tersebut tidak memungkinkan untuk menurunkan berat badan. Sebab, 70 persen adalah waktu yang lebih banyak dibandingkan 30 persen. Karena itu, Ade Rai menyarankan untuk menukar presentase tersebut. 30 persen untuk makan, dan 70 persen untuk yang tidak makan.

"Jadi terakhir makan misalnya jam 8 atau 9 malam, nanti baru makan lagi jam 11 siang sebagai breakfastingnya, maka teman-teman tau bahwa dengan tidak makan pagi langsung makan siang, maka terjadi perubahan persentase kepemilikan dimana jendela tidak makan kita justru menjadi yang lebih dominan," ujarnya di dalam video tersebut.

Mantan binaragawan itu memberikan opsi berupa time restricted feeding atau jam disiplin makan. Ia memberikan range untuk memilih durasi jendela makan yaitu:
  • 8 pagi - 4 sore
  • 10 pagi - 6 sore
  • 1 siang- 8 malam
"Kalau teman-teman bilang udah puluhan tahun harus makan pagi, oke berarti (dari) jam 8 pagi sampai jam 4 sore berarti terakhir makannya," tambah Ade Rai.

Ia juga tidak menyarankan untuk dry fasting (puasa kering), dimana orang-orang diperbolehkan untuk minum teh, ataupun kopi asal tidak memasukan gula ke dalam minuman tersebut.

2. Kontrol Karbo

Menurut Ade Rai, diet dapat dimulai dengan mengontrol karbohidrat jumlah dan mengontrol karbohidrat sumber yang masuk ke dalam tubuh. Pilihlah sumber karbohidrat yang alami seperti sayur-sayuran atau ubi, dan kentang.

"Maka tentunya sayur-sayuran atau mungkin seperti misalnya ubi, mungkin kentang kadang-kadang kita makan juga sama kulitnya jadi menambah seratnya lebih tinggi otomatis potensi untuk disimpan di dalam sel lemak itu menjadi lebih kecil," jelasnya.

Ade Rai menyarankan untuk menghindari makanan seperti tepung terigu dan turunannya. Semacam kue, roti, mie dan sebagainya. Apalagi jika makanan tersebut tidak terkontrol dengan baik, ditambah dengan kondimen dalam saus serta minuman yang memiliki hidden sugar atau gula yang tersembunyi.

3. Perbanyak Protein

Ade Rai menginstruksikan untuk memprioritaskan protein dalam menurunkan berat badan. Alasannya, protein merupakan makronutrisi yang kurang dikonsumsi oleh kebanyakan orang lain.

Kemudian, ia juga membagikan makanan yang kaya akan protein seperti ikan, daging ayam, kambing maupun sapi yang memiliki kandungan protein dan kandungan lemak alami.

Ade Rai menjelaskan makanan dengan kemasan olahan bukan ide yang baik untuk menurunkan berat badan.

"Problemnya adalah prosesnya Jadi bukan salah (makanannya) atau sesuainya tapi lebih kepada karena prosesnya panjang dengan pemanasan yang tinggi makanya terjadi kerusakan di makanan tersebut," tutur Ade Rai.

4. Olahraga!

Sebaiknya, olahraga dilakukan ketika mendekati waktu berbuka puasa. Menurut Ade Rai, hal tersebut membuat pembakaran lemak menjadi lebih optimal.

Ketika berolahraga, tubuh akan menciptakan kondisi stres by design, dimana hormonal stres katekolamin akan mengaktivasi hormon sensitif lipase.

"Analoginya di sini membayangkan olahraga sebelum buka menambah jumlah puasa kita menjadi ekstra satu jam atau 2 jam, atau bahkan tiga jam tergantung olahraga biasanya,"

Olahraga yang dilakukan seperti latihan beban. Ade Rai tidak menyarankan kardio karena terlalu menguras tenaga.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral 4 Tips Mudah Turunkan BB Versi Ade Rai, Pangkas Lemak dalam Seminggu"