Hagia Sophia

08 January 2023

Megalodon, Penguasa Lautan yang Sudah Punah

Hiu megalodon punah 3 juta tahun lalu (Foto: BBC Magazine)

Tak heran jika hiu megalodon dijuluki sebagai hewan penguasa lautan. Sebabnya, hampir seluruh makhluk laut menakuti hiu raksasa yang satu ini. Namun siapa sangka, hiu yang begitu ganas ini telah punah lho, detikers.

Hiu megalodon atau Otodus megalodon yang artinya gigi besar, merupakan hiu prasejarah terbesar yang pernah hidup di lautan. Selain bisa tumbuh hingga 18 meter atau 60 kaki, ikan raksasa purba ini juga memiliki rahang selebar 3 meter dengan total 276 gigi tajamnya. Bukan main besarnya!

Setelah bertahun-tahun menghilang dari lautan dan menjadi sebuah misteri, kini para ilmuwan telah menemukan titik terang. Hiu megalodon pun dinyatakan telah punah sekitar tiga juta tahun yang lalu.

Penyebab punahnya hiu megalodon pun kian masih menjadi tanda tanya. Lantas, kenapa hiu megalodon bisa punah? Untuk mengetahui jawabannya. Yuk, simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Hasil studi yang mempelajari fosil gigi dari raksasa laut mengungkap bahwa adanya persaingan antara predator ganas lainnya seperti para leluhur hiu putih besar, ditengarai menjadi salah satu penyebab punahnya hiu megalodon ini.

Lantaran keduanya terus bersaing demi mendapatkan mangsa untuk dimakan. Lama-kelamaan, mangsa kedua ikan tersebut mulai menipis. Kemudian disusul oleh hilangnya habitat mereka akibat perubahan permukaan laut.

Perlu untuk diketahui, hiu putih besar memiliki suhu tubuh sekitar 20 hingga 30 derajat celsius. Sedangkan suhu tubuh hiu megalodon mencapai 35 sampai 40 derajat celsius.

Hasil itu menunjukkan bahwa suhu tubuh hiu megalodon jauh lebih tinggi daripada hiu putih besar. Dengan begitu, megalodon memiliki metabolisme yang aktif sehingga hewan purba ini memerlukan banyak makanan.

Sangat disayangkan, ketika terjadi perubahan iklim yang mulai menghangat, semua mangsa hiu megalodon bergerak menuju permukaan yang lebih tinggi dan lebih dingin.

"Perubahan iklim yang berpadu dengan pergeseran tempat tinggal hewan-hewan laut menjadi 'senjata' kepunahan bagi hiu terbesar yang pernah ada di Bumi ini," kata Griffiths yang dilansir dari National Geographic, Kamis (29/12/2022).

Dengan demikian, hal tersebut membuat hiu megalodon kelaparan karena langkanya mangsa untuk dimakannya dan mulai munculnya pesaing dengan ikan predator lainnya yang mendorong hiu megalodon berakhir punah.























Artikel ini telah tayang di inet.detik..com dengan judul "Mengenal Hiu Megalodon, Penguasa Lautan yang Sudah Punah"