Hagia Sophia

14 April 2024

Guru Besar FKUI: Penyakit Ini Muncul di Minggu Pertama Lebaran

Foto: iStock

Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Farial Syam mewanti-wanti penyakit kronis yang rentan kumat di minggu pertama Lebaran.

Penyakit kronis yang bisa kumat tersebut antara lain tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kolesterol meningkat, diabetes yang tidak terkontrol sampai sakit mag yang kambuh.

"Bisa saja kambuh dalam sehari dua hari saat lebaran, oleh karena itu ini yang harus kita antisipasi supaya penyakit kronis ini tidak kambuh," kata dr Ari dikutip dari ANTARA, Jumat (12/4/2024).

Cara mencegah kekambuhan penyakit kronis menurutnya adalah tidak kalap makan, menghindari makanan yang terlalu asin dan tetap mengonsumsi sayur dan buah.

Selain itu dia menyoroti penyakit infeksi yang bisa muncul saat lebaran karena kelelahan. Penyakit tersebut antara lain infeksi saluran pernapasan atas dan DBD.

Untuk itu dia mengimbau agar masyarakat tetap melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan rutin mengonsumsi air putih untuk mencukupi cairan tubuh.

"Lebaran mestinya lebih bebas melakukan olahraga karena tidak berpuasa. jadi kalau banyak keringat bisa langsung konsumsi air, di masa lebaran nanti kebetulan juga libur tapi tetap lakukan olahraga," tandasnya.












 













Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Guru Besar FKUI Wanti-wanti Penyakit yang Rentan Kumat di Minggu Pertama Lebaran"