Hagia Sophia

14 April 2024

Ini Dampaknya Bila Konsumsi Simvastatin Tanpa Resep Dokter

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars)

Obat simvastatin kerap dijadikan salah satu 'senjata' masyarakat setelah setelah merayakan hari raya Idul Fitri. Obat ini dikenal sebagai penurun kolesterol jahat dan tak jarang dikonsumsi setelah mengonsumsi banyak makanan tinggi kolesterol selama lebaran.

Namun perlu diketahui, rupanya obat ini tidak disarankan dikonsumsi tanpa resep dari dokter. Dokter spesialis penyakit dalam dr Rudy Kurniawan, SpPD menuturkan apabila obat ini dikonsumsi sembarangan, pasien justru mungkin mendapatkan efek samping berbahaya.

"Efek jangka panjang dapat terjadi gangguan otot dan liver, meskipun jarang tetapi tidak boleh kita abaikan," ucap dr Rudy ketika dihubungi detikcom, Jumat (12/4/2024).

Selain dapat memberi efek samping berbahaya jika dikonsumsi sembarangan, dr Rudy mengingatkan bahwa obat tersebut bekerja tidak dengan 'seketika'. Umumnya obat tersebut digunakan untuk pengobatan jangka waktu yang lebih panjang.

"Tidak disarankan. Simvastatin maupun golongan statin yang lain tidak bekerja untuk jangka pendek. Jadi semisal makan simvastatin beberapa hari dengan harapan dapat menurunkan atau menjaga kadar kolesterol adalah hal yang tidak benar," tambahnya.

Senada dengan dr Rudy, spesialis penyakit dalam dr Aru Ariadno, SpPD-KGEH menuturkan bahwa penggunaan simvastatin sebaiknya dilakukan melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Ia mengingatkan sebenarnya semua jenis obat-obatan perlu dikonsumsi sesuai indikasi yang dialami oleh pasien.

"Simvastatin bila digunakan tanpa indikasi bisa menghasilkan efek samping yang buruk buat tubuh mulai dari reaksi alergi, gangguan hati, rabdomiolisis dan beberapa efek samping lain meskipun secara ilmiah sangat kecil angka kejadiannya," kata dr Aru ketika berbincang dengan detikcom.

"Sebaiknya simvastatin diminum dengan indikasi seperti faktor risiko stroke, penyumbatan pembuluh darah jantung dan tingginya kadar kolesterol LDL. Nah, kondisi ini sebaiknya dicek ke dokter dulu," tandasnya.












 













Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hati-hati, Sefatal Ini Efek Konsumsi Obat Kolesterol Simvastatin Tanpa Resep Dokter"