Hagia Sophia

14 April 2024

Apakah Pijatan Titik Saraf Ngantuk Efektif Cegah Microsleep?

Pijatan penangkal ngantuk (Foto: Getty Images/Group4 Studio)

Rasa kantuk bisa menghinggapi saat berkendara sepulang mudik, bisa memicu microsleep dan bahkan kecelakaan fatal. Banyak ragam upaya dilakukan untuk mengatasinya, termasuk melakukan pijatan titik saraf ngantuk.

Dipercaya, titik saraf ngantuk berada di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijatan di area ini diyakini bisa mengusir rasa kantuk sehingga terhindar dari microsleep.

Dokter saraf dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Paulina Thiomas Ulita, SpS, menjelaskan fakta medis di balik titik saraf ngantuk tersebut. Menurutnya, sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukungnya.

"Kalau di neurologi sih nggak berhubungan ya," katanya dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Meski demikian, ia menduga efek dari pijatan di area manapun bisa menimbulkan respons nyeri yang secara tidak langsung akan meningkatkan kewaspadaan. Dalam kondisi mengantuk, hal ini bisa mengalihkan perhatian sehingga tidak jadi mengantuk.

"Tapi kalau nyeri nya terus menerus, di tempat yang sama ya mungkin lama-lama akan terjadi toleransi terhadap rasa nyeri, ya ngantuk juga," jelasnya.

Menurut dr Paulina, tidak ada cara lain untuk mengatasi rasa kantuk kecuali istirahat. Dalam perjalanan mudik maupun sepulang dari mudik, ia menganjurkan untuk secara berkala berhenti di rest area dan beristirahat.












 













Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pijatan Titik Saraf Ngantuk, Efektif Cegah Microsleep? Dokter Saraf Angkat Bicara"