Hagia Sophia

14 April 2024

Beberapa Tips Agar Tidak Mudah Mabuk Saat Perjalanan Jauh

Dokter mengungkap tips supaya nggak mudah mabuk perjalanan saat arus balik lebaran. (Foto: Ari Saputra)

Menjelang arus balik Lebaran 2024, para pemudik harus mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan perjalanan panjang yang disertai kemacetan. Kekuatan fisik dan mental juga harus dipersiapkan agar bisa sampai tempat tujuan dengan selamat.

Namun, selama perjalanan ada kalanya membuat seseorang bisa mengalami mabuk perjalanan saat menggunakan transportasi apapun. Ternyata, ada kebiasaan yang sering dilakukan orang selama perjalanan jauh yang bisa memicu mabuk perjalanan.

Spesialis penyakit dalam dr Yuhana Fitra, SpPD, mengatakan kondisi ini bisa disebabkan kebiasaan yang memicu motion sickness saat menempuh perjalanan jauh.

"Biasanya ini terjadi karena kita main gadget atau membaca selama di perjalanan," jelas dr Yuhana dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu lalu.

Saat bermain gadget atau membaca selama perjalanan, fokus mata akan tidak sinkron dengan pergerakan kendaraan. Akibatnya, bisa memicu ketidak sesuaian di otak dan membuat seseorang mabuk perjalanan.

Bagaimana mengatasinya?

Untuk mencegah atau mengatasinya, cobalah untuk menempatkan pandangan ke depan dan fokus ke titik yang ada di depan. Bukan fokus ke gadget maupun buku yang sedang dibaca untuk mengisi waktu selama di perjalanan.

"Karena bila pandangan kita fokus ke gadget atau buku, saat kita melihat ke depan akan terjadi diskrepansi (ketidaksesuaian) yang diterima otak kita," tuturnya.












 













Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Ungkap Tips Agar Tak Mudah Mabuk Perjalanan saat Arus Balik Lebaran"