Hagia Sophia

01 January 2023

Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Usia 95

Foto: AFP/GABRIEL BOUYS

Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95 tahun, Sabtu (31/12/2022), waktu setempat di kediamannya di Vatikan. Kabar meninggalnya Benediktus diumumkan oleh juru bicara Vatikan, Matteo Bruni.

"Dengan kesedihan, saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," tutur Matteo dalam pernyataannya.

Pemilik nama asli Joseph Alois Ratzinger ini meninggal dunia di usia 95 tahun. Sebelumnya, kesehatan Benediktus yang mengundurkan diri dari jabatan kepausan pada 2013 tersebut dikabarkan memburuk dan mengalami sakit keras.

Pada tahun 2020 sempat dirawat di rumah sakit di Roma. Dikutip dari laman Rome Report, eks Paus tersebut dirawat karena masalah ginjal yang serius.

Dalam sebuah laporan di National Catholic Register menyebut eks Paus ini mengalami modifikasi pada alat pacu jantungnya. Ia juga mengalami kondisi gagal ginjal yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit pada 2020.

Namun, Matteo mengatakan kondisi perburukan Eks Paus ini dikarenakan faktor usia tua.

Selain masalah ginjal, Eks Paus tersebut mengalami beberapa masalah kesehatan dalam hidupnya. Berikut rinciannya:

Stroke Hemoragik
Pada 1991, Benediktus mengalami stroke hemoragik atau perdarahan. Dikutip dari New York Post, ia kembali mengalami stroke pada 2005.

Selain itu, Benediktus juga dipasangi alat pacu jantung sebagai kardinal. Meski kabar tersebut baru terungkap setelah pengunduran dirinya.

Perdarahan Otak
Dikutip dari CNN, eks Paus tersebut sempat mengalami perdarahan otak. Menurut analis CNN Vatikan John Allen, kondisi tersebut membuat Benediktus harus beristirahat sementara waktu.

Iskemia Ringan
Di Twitter dan platform media sosial lainnya, eks Paus disebut mengalami iskemia ringan, sejenis penyakit stroke. Pada 2019, hal itu sempat dibantah oleh direktur ad interim Press Office of the Holy See, Alessandro Gisotti, bahwa rumor itu salah.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Paus Emeritus Benediktus XVI Meninggal Usia 95, Ini Riwayat Sakitnya"