Hagia Sophia

01 January 2023

Liga Inggris: Man City Imbangi Everton 1-1

Manchester City vs Everton tuntas 1-1 (Manchester City FC via Getty Ima/Matt McNulty - Manchester City)

Manchester City gagal mendekati Arsenal di puncak klasemen Liga Inggris. Di laga tutup tahun, Citizens diimbangi Everton 1-1.

Pada laga yang dihelat di Etihad Stadium, Sabtu (31/12/2022) malam WIB, City mendominasi sejak babak pertama dan unggul di menit ke-24 lewat Erling Haaland.

Pada babak kedua, Everton menyamakan skor lewat Demarai Gray. Hanya menambah satu poin, City tertahan di posisi kedua klasemen dengan 36 poin dari 17 laga, selisih empat angka dari Arsenal yang baru berlaga beberapa saat lagi melawan Brighton & Hove Albion.

Everton di posisi ke-16 dengan 14 poin.

Jalannya pertandingan

City bermain agresif sejak menit awal dan menekan Everton. City nyaris unggul di menit ke-11 lewat Erling Haaland yang menyambut umpan terobosan Kevin de Bruyne.

Haaland melewati Jordan Pickford namun bola sontekannya menyasar sisi gawang.

Haaland akhirnya mencetak gol juga di menit ke-24 sekaligus menambah pundi golnya jadi 21 di liga. Riyad Mahrez masih bisa mengirim umpan tarik ke Haaland, yang mudah saja menyonteknya ke gawang Pickford.

Erling Haaland membuka skor untuk Man City Foto: PA Images via Getty Images/Tim Goode - PA Images

Satu peluang didapat lagi City di pengujung babak pertama ketika free kick Kevin De Bruyne mengarahkan bola ke kotak penalti dan disambut tandukan John Stones, tapi bola menghantam tiang.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

City masih mendominasi babak kedua, tapi Everton bertahan dengan lebih baik untuk meredam serangan tuan rumah. City kesulitan untuk menciptakan peluang di babak ini.

Yang ada gawang mereka malah kebobolan gol Demarai Gray pada menit ke-64. Diawali kesalahan oper Rodri, bola direbut Idrissa Gueye yang memberikan umpan terobosan ke Gray.

Gray melakukan solo run ke kotak penalti dan sempat berhenti sejenak, sebelum melepaskan sepakan melengkung ke pojok atas gawang Ederson untuk membuat skor 1-1.

Everton membuat skor 1-1 Foto: Getty Images/James Williamson - AMA

Gol itu membuat Everton lebih bersemangat untuk menyerang City dan nyaris mendapatkan gol kedua di menit ke-68, andaikan sepakan jarak jauh Amadou Onana tak membentur bek City.

Pada menit ke-82, terjadi kemelut di kotak penalti karena peluang De Bruyne yang menghantam bek Everton. Bola terakhir disambar Mahrez dari jarak dekat, tapi bisa ditepis Pickford.

City memasukkan Julian Alvarez, Phil Foden, dan Ilkay Guendogan untuk mencari gol. Bahkan 11 menit injury time tidak mampu membuat City menambah gol sehingga skor 1-1 menutup laga ini.

Susunan pemain

Manchester City: Ederson; Rico Lewis (Ilkay Guendogan 87'), John Stones, Manuel Akanji, Nathan Ake; Kevin De Bruyne, Rodrigo, Bernardo Silva (Julian Alvarez 87'); Riyad Mahrez, Erling Haaland, Jack Grealish (Phil Foden 87').

Everton: Jordan Pickford; Nathan Patterson (Seamus Coleman 70'), Ben Godfrey, Conor Coady, James Tarkowski, Vitalii Mykolenko; Alex Iwobi, Idrissa Gueye (Tom Davies 78'), Amadou Onana, Demarai Gray; Dominic Calvert-Lewin (Neil Maupay 70').






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Everton Tuntas Tanpa Pemenang"