Hagia Sophia

01 January 2023

Tips Agar Tidak Drop Usai Begadang Malam Tahun Baru

Ilustrasi tahun baru. (Foto: Getty Images/martin-dm)

Malam tahun baru selalu menjadi perayaan yang tidak pernah terlewatkan. Banyak hal yang biasanya dilakukan saat malam pergantian tahun ini, seperti bakar-bakaran, pesta kembang api, dan berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Di perayaan pergantian tahun, seringkali orang begadang hingga dini hari. Dikutip dari Medical News Today, begadang atau tidak tidur cukup di malam hari bisa mempengaruhi kesehatan tubuh dan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh hingga fungsi otak.

Tapi tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tubuh tidak drop meski begadang di malam pergantian tahun. Simak penjelasan berikut ini.

1. Tetap Terhidrasi
Setelah kurang tidur alias begadang di malam tahun baru, tubuh harus tetap terhidrasi. Jika kebutuhan cairan tidak cukup terpenuhi, tubuh akan terasa lebih lesu.

"Minumlah banyak air karena saat Anda kurang tidur, sel-sel Anda akan sangat haus karena mereka bekerja ekstra keras untuk merawat Anda dan mereka membutuhkan lebih banyak air," kata ahli diet dan nutrisi Jessica Cording, dikutip dari Insider, Sabtu (31/12/2022).

2. Atur Konsumsi Gula
Saat kurang tidur, seseorang mungkin akan merasa lebih lapar dari biasanya dan mungkin memilih untuk mengkonsumsi camilan berkalori tinggi atau mengandung gula. Meski gula bisa memberikan dorongan energi yang cepat, tetapi itu tidak akan bertahan lama.

Energi singkat yang didapatkan dari gula dan karbohidrat kurang baik untuk dikonsumsi saat kondisi seperti ini. Itu bisa memicu 'kecelakaan' lain, seperti penurunan kadar gula darah yang cepat. Akibatnya, tubuh akan merasa dua kali lipat lebih lelah.

Dikutip dari Circle Health Group, dianjurkan untuk menghindari makan besar, makanan manis, dan minuman berenergi. Akan jauh lebih baik jika mengkonsumsi makanan sehat yang lebih kaya akan protein, seperti kacang-kacangan hingga daging tanpa lemak.

3. Jangan Lupa Olahraga!
Kurang tidur juga bisa berdampak pada suasana hati seseorang. Hal itu juga berpengaruh pada kondisi fisik dan energi dalam beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, disarankan untuk tetap berolahraga.

"Selelah apa pun yang Anda rasakan, aktif secara fisik membantu suasana hati secara keseluruhan, energi Anda, dan bahkan mungkin membantu untuk tidur lebih nyenyak di malam berikutnya," tutur ahli gizi Molly Morgan.

4. Tidur Siang Singkat
Tidur siang yang singkat setelah begadang di malam tahun baru ternyata sangat penting lho. Ini bisa sedikit membantu tubuh untuk kembali fit sampai menjelang tidur malam nanti.

"Tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit dapat meningkatkan kinerja otak sepanjang hari," kata direktur Program Riset Tidur dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Arizona Dr Michael Grandner.

5. Pastikan Jadwal Tidur Kembali Normal
Pasca begadang saat malam tahun baru, kebanyakan orang pasti sangat tergoda untuk tidur malam lebih awal atau tidur lebih lama dari biasanya. Namun, ternyata hal itu bisa mengubah pola tidur normal yang biasa dilakukan.

Cobalah untuk tidur tidak lebih dari satu jam sebelum waktu tidur dan bangun tidak lebih dari satu jam dari waktu normalnya. Itu bisa memberikan pemulihan yang maksimal daripada tidur lebih lama dari biasanya.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Tips Anti Nge-drop usai Begadang Tahun Baruan, Termasuk Sempatkan Tidur Siang!"