Hagia Sophia

08 August 2023

Kisah Ibu Ucapkan Selamat Tinggal ke Anaknya Karena Idap Kanker Stadium Akhir

Foto ilustrasi: iStock

Seorang ibu bernama Jenny Appleford terpaksa mengucapkan 'selamat tinggal' lebih dulu kepada dua anaknya setelah didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium akhir.

Wanita berusia 36 tahun itu diberitahu oleh dokter bahwa ia hanya memiliki waktu hidup kurang dari satu tahun. Dia pun harus menyampaikan kabar tersebut kepada anak-anaknya yang masih berusia sangat muda, yaitu Elis (7), dan Winnie (3).

"Kanker paru-paru adalah kanker yang sangat ganas," ucap Kyle, suaminya Jenny.

Meskipun mereka belum menyerah pada situasinya, namun mereka juga menerima keadaan setelah dokter memberitahu bahwa Jenny hanya memiliki waktu enam hingga sembilan bulan untuk hidup.

Jenny dan Kyle pun mendudukan kedua anak-anak mereka untuk memberitahu kabar yang menyedihkan tersebut.

"Kami berbicara tentang bagaimana kanker menjadi lebih besar dan lebih kuat, menemukan lebih banyak tempat untuk pergi dan bersembunyi di tempat yang tidak bisa kami dapatkan dan mereka berdua mulai hancur seketika," kata Kyle.

"Kami memberitahu mereka bahwa dokter memberi tahu kami sekitar enam hingga sembilan bulan. Ellis sangat berpegang teguh pada gagasan ini bahwa mungkin ada keajaiban," sambungnya lagi.

Bocah tujuh tahun itu konon memberi tahu orang tuanya bahwa dia berharap hanya mengalami mimpi buruk.

"Dibutuhkan banyak keberanian untuk jujur kepada mereka karena itu hal yang menakutkan untuk dikatakan, tetapi ini adalah rute yang kami ambil dan saya senang kami melakukannya," kata Kyle.

Jenny didiagnosis dengan adenokarsinoma sel non-kecil stadium 3 yang tidak dapat dioperasi pada Maret 2021 pada usia 33 tahun, setelah mengalami nyeri tulang rusuk dan sesak napas.

Meskipun menjalani kemoterapi, prosedur, dan berbagai perawatan obat, kanker akhirnya menyebar ke otaknya dan beberapa kelenjar getah beningnya tahun lalu. Ia pun dinyatakan berlanjut ke stadium 4, yang diperkirakan memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun sebesar 9 persen.

Sejak Jenny didiagnosis kanker stadium akhir, dia dan suaminya Kyle telah menggunakan YouTube untuk membuat vlog perjalanan kankernya dan berbagi pembaruan dengan 105.000 pengikut.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Pilu Ibu Kena Kanker Stadium Akhir, Ucapkan Selamat Tinggal Pada 2 Anaknya"