Hagia Sophia

08 August 2023

Pria Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 128 Tahun, Lewati 3 Pandemi

Ilustrasi meninggal (Foto: Thinkstock)

Salah satu pria tertua di dunia bernama Jose Paulino Gomes meninggal dunia, Jumat (4/8/2023). Pria asal Brasil itu tutup usia di 127 tahun, tepatnya sepekan sebelum berulang tahun ke-128.

Pihak keluarga menyebut Gomes meninggal karena mengalami gagal organ. Kemungkinan pemicunya adalah usia lanjut.

Menurut akta nikah tahun 1917 dari kantor catatan sipil Pedra Bonita, Gomes lahir pada 4 Agustus 1895. Ia setidaknya melewati Perang Dunia dan tiga pandemi global.

Gomes dulu bekerja sebagai penjinak hewan. Dia punya kebiasaan menunggang kuda hingga empat tahun lalu.

"Dia sangat sederhana, sangat rendah hati. Keunikannya adalah dia tidak menyukai apa pun yang terindustrialisasi," sebut cucu Gomes, Ferreira, dikutip dari New York Post, Senin (7/8/2023).

"Hanya hal-hal dari pedesaan, alami. Dia beternak ayam, juga babi. Makanannya semua dari sini, harus ditanam atau dibesarkan di sini. Dan dia selalu suka minum sedikit," kata Ferreira.

Gomes meninggalkan tujuh anak, 25 cucu, dan 42 cicit.

Dikutip dari NDTV, Willyan Jose Rodrigues de Souza, penasihat hukum untuk catatan sipil, mengonfirmasi ke outlet lokal bahwa usia Gomes akurat dan mengatakan bahwa dia lahir sebelum tahun 1900. Namun, keluarganya tidak yakin dengan usianya, mengutip kasus sebelumnya saat ada pencatatan dokumen yang salah.

"Ada seorang wanita di dekatnya yang berusia 98 tahun. Dia bilang dia mengenalnya ketika dia masih kecil. Saat itulah kami menjadi penasaran untuk memastikan usianya dan mencari ke kantor catatan sipil untuk mencari tahu apa yang benar," cucu Gomes, Eliane Ferreira, kepada media lokal.

"Dia pasti berusia di atas 100 tahun, setidaknya 110 tahun. Sekarang kami perlu tahu bagaimana itu akan dicatat di akta kematian."

New York Post menyebut masih belum jelas apakah Guinness World Records akan meninjau dokumen pria Brasil itu sebagai pria tertua di dunia.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria Tertua di Dunia Meninggal Sepekan Sebelum Ultah ke-128, Lewati 3 Pandemi"