Hagia Sophia

08 August 2023

Influencer Kecantikan: Kurang Minum Bisa Susah Konsen

Tasya Farasya. Foto: Instagram/@tasyafarasya

Influencer kecantikan Tasya Farasya mengaku dirinya terkadang kurang minum air putih. Di samping efek ke badan, ia menjelaskan, kondisi dehidrasi terkadang membuatnya susah berkonsentrasi saat bekerja, bahkan kemampuannya berpikir kreatif ikut terganggu.

"Aku jujur suka agak bandel, kadang aku kurang minum. Tapi itu penting banget. Itu berpengaruh banget ke mood aku. Setiap aku kurang minum air putih itu ngaruh banget," ungkapnya dalam acara Jakarta X Beauty Female Daily 2023, Sabtu (5/8/2023).

"Dehidrasi, lemas, jadi nggak mood, jadi nggak konsen ke pekerjaan. Kreativitas berkurang," beber Tasya lebih lanjut.

Pada dasarnya, dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan akibat asupan air yang lebih sedikit dibandingkan cairan yang keluar. Efeknya, tubuh tidak bisa menjalankan fungsi normalnya.

Dikutip dari Everyday Health, kepala layanan pengobatan darurat di Kaiser Permanente Fontana dan Pusat Medis Ontario di California Selatan, Alp Arkun, MD menjelaskan tiga gejala paling umum dehidrasi adalah kelelahan, pusing, dan sakit kepala.

Di samping itu, dehidrasi juga memicu gejala berupa:
  • Merasa haus
  • Kram otot
  • Buang air kecil lebih jarang dari biasanya
  • Urin berwarna gelap
  • Kulit kering
  • Merasa lelah atau lesu
  • Pingsan
  • Kebingungan
Perlu diketahui, tubuh manusia dewasa terdiri dari air sebanyak 60 persen. Walhasil, amat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit untuk menjaga kesehatan sel dan jaringan.

Air diambil tubuh dari saluran pencernaan. Kemudian, sisaan dan kelebihan cairan akan dibuang oleh ginjal dan dikeluarkan sebagai urine. Jika kebutuhan tubuh akan air tidak terpenuhi secara seimbang, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu dan fungsi-fungsi lainnya akan terganggu.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Tasya Farasya Kurang Minum Air Putih Bikin Susah Konsen"