Hagia Sophia

08 January 2024

Kisah Fotografer Asal Singapura yang Terlihat Awet Muda di Usia 57

Foto: Instagram/@chuando_chuandoandfrey

Fotografer di Singapura, Chuando Tan, kembali menarik perhatian warganet karena penampilannya yang terlihat tak menua. Padahal, kini usianya sudah meninjak 57 tahun.

Pria yang juga berprofesi sebagai model di 1980-an ini ternyata sangat menjaga pola makan. Bukan tanpa sebab, Chuando Tan memegang prinsip bahwa tubuh dan kesehatan seseorang, termasuk secara fisik dan mental 70 persen bergantung pada makanan yang dimakan, sisanya berasal dari olahraga.

Pola Makan Ala Chuando Tan

Biasanya, Chuando rutin memakan enam butir telur rebus untuk sarapan, dengan hanya mengambil dua bagian kuning telurnya. Sebab, ia menghindari kemungkinan kolesterol tinggi.

Chuando Tan juga terbiasa meminum segelas susu dan terkadang menambahkan alpukat juga buah beri ke dalam menu sarapannya.

Sementara untuk makan siang, Tan memilih porsi sedikit lebih banyak dengan menambahkan nasi. Misalnya, makan ayam dengan nasi, sayuran panggang, dan sup ikan. Fotografer tersebut uga menghindari kopi dan teh, lebih sering minum air putih.

Tan bahkan tidak merokok dan minum alkohol. Untuk malam harinya, dirinya memilih mengonsumsi salad sayuran segar.

Rajin Workout dan 'Deep Sleep'

Ia juga rajin workout, minimal tiga sampai empat kali dalam sepekan. Dalam satu kali latihan, bisa 30 menit terlewati. Beragam workout yang diikuti termasuk latihan kardio hingga berenang.

Selain itu, Chuando Tan juga kerap dituding melakukan operasi plastik dan memakai kosmetik khusus. Namun, ia membantah dan mengatakan kulitnya sangat sensitif.

"Saya memiliki kulit sensitif, itulah mengapa saya hanya menggunakan 2 hal setiap hari, pembersih wajah berbentuk gel dan krim pelembap," tegasnya.

Meski sempat mencoba prosedur botox satu kali, ia merasa hasilnya tidak sesuai yang dibayangkan. Menurutnya, penampilan yang didapatkan saat ini karena kebiasaan tidak tidur lewat jam 11 malam dan mendapatkan 'deep sleep'.

"Percayalah, tidur lebih awal adalah hal yang bermanfaat. Dengan tidur yang cukup, Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal di siang hari dibandingkan bekerja di malam hari," pesan Tan, dikutip dari Bright Side, Rabu (3/1/2024).

Tetapi, siapa sangka dengan penampilan dan popularitasnya membuatnya tertekan. Ia mulai dikenal banyak orang di seluruh dunia.

"Banyak sekali pesan dari orang asing di seluruh dunia. Bahkan stasiun TV dan situs berita terkenal - mereka semua ingin tahu bagaimana saya melakukannya," katanya.

Chuando Tan menggambarkan dirinya sebagai 'introvert sejati' sehingga membuatnya kewalahan saat mendapat sorotan sebanyak itu. Bahkan, ia sempat mengurung diri di rumah selama dua pekan.

Dalam wawancara pada Januari 2023 dengan CNA, dia mengaku tertekan karena selalu mendapat pertanyaan tentang bagaimana caranya agar 'tidak menua'.

"Saya merasakan tekanannya. Sebab, jauh di lubuk hati aku tahu aku tidak semuda itu. Saya menua. Jadi saya tidak akan memberikan kesan yang salah bahwa saya selamanya muda. Mungkin mereka semua ingin jalan pintas, rahasia bagaimana menjaga masa mudanya kan?" tuturnya.

Meski begitu, Chuando Tan menyadari bahwa dirinya menjadi inspirasi banyak orang dan menepis anggapan ia populer karena penampilannya saja. Ia menyadari bahwa genetika sangat berperan dalam penampilan seseorang.

Tetapi, ia merasa penampilannya ini didapatkan juga dari kebiasaan sehat dan kebugaran yang dimulai sejak usia 20-an. Bahkan sampai di usianya yang hampir 60 tahun ini, ia masih terus rutin berolahraga.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Potret Chuando Tan, Fotografer Singapura yang Awet Muda Bak ABG Meski Berusia 57"