Hagia Sophia

08 January 2024

Posisi Duduk Bisa Bantu Ringankan Sembelit

Ilustrasi sembelit (Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge)

Konstipasi atau sembelit kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi ini ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) atau frekuensi BAB yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Meski begitu, frekuensi buang air besar akan berbeda pada setiap orang. Beberapa orang mungkin buang air besar beberapa kali dalam sehari, sedangkan lainnya BAB satu sampai dua kali seminggu.

Adapun penyebab sembelit biasanya dipicu oleh pola makan yang tidak mengonsumsi cukup serat. Kondisi ini tak bisa dibiarkan begitu saja lantaran dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, seperti terasa nyeri serta ada yang mengganjal hingga membuat seseorang tidak selera makan.

Nah, selain menggunakan obat-obatan, ada satu cara lainnya yang bisa membantu meringankan sembelit, yakni lewat posisi duduk.

Kok bisa?

Dikutip dari Huffington Post, apabila sedang mengalami sembelit, cobalah untuk menarik salah satu kaki ke atas saat duduk di toilet. Kemudian tekuk ke samping lalu dorong tubuh ke arah yang sama dengan lutut.

Posisi duduk di toilet ini sebenarnya mirip dengan posisi yoga bernama 'half spine twist'. Posisi tersebut mengharuskan seseorang duduk di atas matras atau permukaan lembut, gerakan memutar tulang belakang yang dikombinasikan dengan kaki ditekuk.

Medical News Today juga mengungkapkan cara ini adalah salah satu posisi yoga yang direkomendasikan untuk meredakan sembelit.

Tapi perlu diingat! Jika mengalami masalah sembelit yang tidak dapat diatasi dengan trik cepat atau perubahan pola makan, penting untuk mengunjungi dokter untuk memastikan tidak ada masalah yang lebih serius.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Posisi Duduk Ini Ternyata Bisa Bantu Lancarkan Sembelit Lho!"