Hagia Sophia

03 April 2024

Daftar Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi. (Foto: thinkstock)

Sistem pencernaan memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh karena fungsinya yang menyerap nutrisi penting dan membuang sisanya. Namun, tak sedikit orang yang mengalami gangguan pencernaan akibat mengonsumsi makanan yang tidak tepat dan salah satunya juga kekurangan serat. Oleh sebab itu, penting untuk mencegahnya dengan cara mengonsumsi makanan yang baik untuk pencernaan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk menunjang kesehatan usus dan sistem pencernaan.

1. Sayuran berdaun gelap
Sayuran berdaun gelap, seperti bayam, kangkung, dan brokoli, merupakan salah satu makanan yang selalu direkomendasikan untuk kesehatan usus dan pencernaan. Salah satu alasannya terletak pada kandungan serat yang ada pada sayur-sayuran tersebut.

Dikutip dari Healthline, serat dapat memperbesar ukuran tinja, sehingga mempercepat lajurnya melalui sistem pencernaan.

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga kaya akan magnesium yang dapat membantu meringankan sembelit dengan cara meningkatkan kontraksi otot di saluran pencernaan.

2. Yogurt
Yogurt juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk pencernaan dan usus. Yogurt mengandung bakteri bernama probiotik yang dapat mendukung aktivitas bakteri baik di usus dan meningkatkan pencernaan.

Perlu diingat, tidak semua yogurt mengandung probiotik. Karena itu, perhatikan kandungan yang tertera pada kemasannya.

3. Pepaya
Pepaya mengandung enzim bernama papain yang dapat membantu sistem pencernaan dengan cara memecah serat protein. Tak hanya itu, mengonsumsi pepaya juga dapat membantu mencerna protein dari makanan yang dikonsumsi.

Enzim papain juga dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (Irritate Bowel Syndrome/IBS), seperti kembung dan sembelit.

4. Tempe
Tempe adalah makanan yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Selama proses fermentasi, antinutrien dalam kedelai yang disebut asam fitat dipecah. Asam fitat dapat membantu penyerapan nutrisi tertentu dan meningkatkan pencernaan.

Makanan fermentasi seperti tempe juga merupakan sumber probiotik yang baik. Probiotik dapat menciptakan lapisan pelindung di usus untuk melindunginya dari bakteri yang berbahaya.

5. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh (whole grains) adalah jenis biji-bijian yang masih memiliki kulit (bran), lembaga (germ), dan endosperma. Whole grains mengandung serat tinggi, sehingga dapat menambah jumlah tinja dan membantu melancarkan BAB.

Beberapa jenis biji-bijian juga dapat bertindak sebagai prebiotik dan membantu memberi makan bakteri baik yang ada di usus. Dengan demikian, bakteri baik tersebut dapat menjalankan tugasnya dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan dan imunitas tubuh.

Adapun jenis whole grains yang dapat dikonsumsi antara lain seperti oat, quinoa, farro, dan lain sebagainya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Sehat yang Baik untuk Pencernaan"