Hagia Sophia

17 January 2023

Kalahkan Tottenham Hotspur 2-0, Perkuat Posisi Arsenal di Puncak Klasemen

Arsenal kukuh di puncak klasemen Liga Inggris. (Foto: AP/Frank Augstein)

Kemenangan di derby London utara bukan cuma membawa Arsenal membuka jarak lebih jauh di pucuk klasemen. Itu juga sinyal yang lebih kuat bahwa Arsenal matang.

Arsenal menang 2-0 di markas Tottenham Hotspur, dalam derby pada Minggu (15/1/2023) malam WIB, di lanjutan Liga Inggris. The Gunners menang berkat gol bunuh diri Hugo Lloris dan gol Martin Odegaard.

Tiga poin ini memperkuat posisi Arsenal di pucuk klasemen Liga Inggris. Sebab dengan kekalahan Manchester City dari Manchester United, mereka kini unggul delapan poin dari sang rival terdekat.

"Arsenal harus menjadi tim favorit untuk memenangi Premier League sekarang. Sangat jelas mereka akan memanfaatkan sejumlah perubahan di papan atas klasemen," ungkap penyerang legendaris Inggris Alan Shearer dalam kolom di BBC.

Secara permainan, bukannya Arsenal sangat mendominasi selama 90 menit dan Tottenham tak punya peluang. Spurs yang lebih dominan di babak kedua mencatatkan total tujuh kesempatan on target, sementara Arsenal yang lebih menguasai paruh pertama punya lima plus satu tembakan membentur tiang.

Hanya saja pasukan Mikel Arteta tampil lebih baik dalam menyelesaikan kans. Mereka juga sangat terbantu penampilan gemilang Aaron Ramsdale di bawah mistar gawang untuk menghalau tembakan-tembakan.

Penampilan yang komplet ini pula yang membuat Shearer makin yakin Arsenal layak dijagokan betul sebagai calon juara. Mereka bukan cuma bisa menciptakan peluang dan gol, namun kukuh saat bertahan dan tak mudah kemasukan.

Shearar menyebut untuk saat ini, ancaman Arsenal adalah persoalan mental karena mereka minim pengalaman memimpin persaingan titel.

"Satu-satunya hal yang kita belum tahu soal timnya Mikel Arteta adalah bagaimana mereka menghadapi situasi sebagai tim terdepan. Tapi tampaknya minimnya pengalaman mereka tak mengganggu mereka pada saat ini," tulisnya.

"Kemenangan luar biasa mereka atas rival London utara, Tottenham, pada Minggu kemarin jadi bukti lebih jauh. Di babak pertama kita melihat niat menyerang dan kreatif mereka, menekan Spurs untuk mendesak mereka di area mereka sendiri dan memanfaatkan kesalahan mereka."

"Arsenal harus lebih banyak bertahan di babak kedua, tapi mereka sama bagusnya tanpa bola dan ketika Tottenham bisa lolos, Aaron Ramsdale menunjukkan kemampuan menjaga gawang yang brilian untuk mencegah bola masuk."

"Saya sangat terkesan dengan keseluruhan tim mereka, dari depan ke belakang, dan kelihatannya mereka punya ketangguhan yang dibutuhkan, plus sedikit kegarangan, yang mereka akan butuhkan dalam beberapa bulan ke depan," imbuh top skor Premier League tersebut.























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Derby London Utara Jadi Bukti Kematangan Arsenal"