Hagia Sophia

17 January 2023

Beberapa Makanan Ini Bisa Bantu Bersihkan Pembuluh Darah

Buah cranberry diyakini sebagai makanan yang dapat membersihkan pembuluh darah. (Foto: iStock)


Pembuluh darah mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan memberikan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Apabila pembuluh darah tersumbat oleh plak, risiko terkena serangan jantung dan stroke bisa meningkat.

Oleh sebab itu, kesehatan pembuluh darah perlu dijaga. Menjaga kesehatan pembuluh darah tidak selalu memerlukan banyak biaya. detikers bisa mengonsumsi makanan berikut yang dapat membersihkan pembuluh darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan stroke.

1. Cranberry

Buah ini bermanfaat bagi saluran kemih manusia. Cranberry terbukti mencegah bakteri menempel pada saluran kemih yang menjaga ginjal bebas dari infeksi. detikers dapat mengonsumsi cranberry segar bersama oatmeal, smoothies, atau salad.

2. Jeruk bali merah

Jeruk bali mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu mengendalikan peradangan dalam tubuh. Studi menemukan kandungan antioksidan yang terkandung dalam jeruk bali dapat membantu melindungi hati dari cedera dan efek berbahaya dari alkohol.

3. Ikan

Jenis ikan tertentu seperti salmon, tuna, atau sarden kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida menurunkan tekanan darah. Kedua manfaat tersebut membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal. Namun, ikan mengandung protein yang tinggi. Jika memiliki penyakit ginjal, batasi jumlah konsumsi ikan karena membuat kerja ginjal lebih keras.

4. Apel

Apel mengandung serat larut dalam jumlah tinggi yang dikenal sebagai pektin. Serat larut membantu mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko kerusakan ginjal.

5. Kopi

Studi menunjukkan minum kopi menurunkan risiko terkena kanker hati dan sirosis pada orang dengan penyakit hati kronis. Minum kopi disebut mengurangi risiko kematian yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati kronis dan respons yang lebih baik terhadap pengobatan antivirus pada orang dengan hepatitis C. Manfaat ini didapat karena kemampuan kopi mencegah penumpukan lemak dan kolagen di hati.

6. Air

Minum banyak air adalah solusi terbaik meningkatkan kinerja ginjal. Ginjal bergantung pada air untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh. Air juga membantu menjaga pembuluh darah tetap terbuka sehingga darah dapat bergerak bebas. Dehidrasi berat dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Asupan air yang cukup berbeda bagi setiap orang. Secara umum, asupan air dalam sehari sebanyak 8 gelas. Namun, detikers membutuhkan lebih banyak air saat melakukan olahraga berat atau memiliki berat badan berlebih.






















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Bantu Kurangi Risiko Penyumbatan dan Stroke"