Hagia Sophia

14 February 2023

Bola Api Terlihat Melintasi Langit Eropa

Foto: Thomas Petit @MegaLuigi - Rouen, France

Sebuah bola api yang dramatis menerangi langit Eropa hanya beberapa jam setelah ditemukan di luar angkasa.

Krisztián Sárneczky melihat asteroid kecil di Stasiun Piszkéstető Observatorium Konkoly, yang terletak sekitar 100 kilometer timur laut dari Budapest, dengan teleskop 0,6 meter. Informasi itu diteruskan ke Badan Antariksa Eropa, beberapa jam sebelum jatuh ke atmosfer sekitar pukul 10 malam EST 12 Februari (0300 GMT 13 Februari).

"Saya menemukannya selama perburuan rutin NEO (objek dekat Bumi)" kata Sárneczky dikutip dari Space.com, Selasa (14/2/2023).
"Segera terlihat jelas bahwa itu adalah NEO, tetapi tidak terlalu cepat melintasi langit, karena sedang menuju ke arah kami, dan samar," tambah Sárneczky.

Ini bukan pertama kalinya Sárneczky memberikan peringatan akan datangnya peristiwa bola api yang dramatis. Sebagai pemburu asteroid profesional, ia melakukan hal yang sama pada Maret 2022.

"Saat itu saya pikir itu adalah peristiwa sekali seumur hidup. Ternyata saya salah," ujarnya.

Secara kebetulan, bola api tersebut jatuh hampir tepat 10 tahun setelah batu luar angkasa berlantai enam tiba-tiba meledak di atas Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013. Ledakannya saat itu menyebabkan luka ringan dan kerusakan.

Badan antariksa di seluruh dunia menegaskan kembali komitmen mereka untuk melacak objek semacam itu pada saat itu. NASA bahkan membuka Kantor Koordinasi Pertahanan Planet (Planetary Defense Coordination Office) setelah peristiwa tersebut.

Namun, sebagian besar bola api sama sekali tidak berbahaya, dan jarang ada pecahan yang berhasil mencapai tanah. NASA, Badan Antariksa Eropa ESA dan banyak entitas lainnya tetap mengawasi 24/7 di langit untuk setiap asteroid yang mendekati orbit Bumi.

Sejauh ini, tidak ditemukan benda langit yang secara kritis mengancam planet kita dalam pencarian selama beberapa dekade. Namun tetap saja, manusia harus berjaga-jaga.

























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bola Api Menyala Lintasi Langit Eropa"