Hagia Sophia

14 February 2023

Ardhito Pramono Terserang Maag Akut Karena Sering Minum Kopi Saat Perut Kosong

Ardhito Pramono pingsan usai mengalami maag akut. (Foto: westi/detikHOT)

Musisi Ardhito Pramono pingsan saat manggung di Medan.Sempat dilarikan ke rumah sakit, Ardhito Pramono belakangan diketahui mengidap maag akut. Kondisi kesehatan Ardhito dibagikan melalui postingan Instagramnya @ardhitopramono.

"Pola diet yang tidak teratur, konsumsi kopi yang berlebihan saat perut kosong dan jam tidur yang tidak teratur membuat fisik saya seketika seperti menolak untuk berdiri," tulis Ardhito, Senin (13/2/2023).

Ardhito mengaku merasa nyeri luar biasa di ulu hati dan menjalar sampai dada. Rasa sakit yang timbul seperti ditusuk sampai ke pundak. Ardhito yang tak kuasa menahan sakit akhirnya jatuh pingsan.

"Cepet sembuh ya Kak. Jaga kesehatan. Jaga pola makan," tulis akun @irirfan2810. Warganet pun membanjir kolom komentar Instagram Ardhito yang mendoakan kesembuhan pelantun lagu Bitterlove itu.

Mengapa Maag Akut Menyebabkan Pingsan?

Spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni atau dr Koko mengungkap kemungkinannya.

"Maag akut memang bisa mengganggu sampai pasien lemas. Bisa juga karena efek lemas dari nggak makannya. Pemicu maag ada beberapa. Telat makan, kecapekan, stres, pola makan, dan lain-lain," ungkapnya saat dihubungi detikcom, Minggu (12/2/2023).

Penyebab Maag Akut

Dikutip dari Cleveland Clinic, ada beberapa penyebab maag akut sebagai berikut.
  • Makan terlalu banyak dan cepat
  • Terlalu banyak asupan lemak
  • Intoleransi makanan tertentu
  • Merokok dan minum alkohol
  • Stres dan cemas
Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong

Menurut profesor fisiologi dan biologi membran di University of California Kim Barrett, perut memiliki lapisan perisai yang melindungi sekaligus memecah makanan yang dicerna. Namun, konsumsi kopi saat perut kosong meningkatkan produksi asam lambung dan mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, lapisan kerongkongan (esofagus) juga rentan mengalami kerusakan akibat zat asam yang terkandung dalam kopi.

Dikutip dari Metro, minum kopi saat perut kosong juga meningkatkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan denyut jantung, hingga kurang fokus.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Keseringan Minum Kopi Bikin Ardhito Maag Akut, Pingsan Sampai Harus Opname"