Hagia Sophia

22 March 2023

Bintang Harry Potter dan Star Wars Meninggal Karena Narkoba dan Alkohol

Ilustrasi meninggal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ProfessionalStudioImages)

Industri film berduka atas meninggalnya aktor Star Wars dan Harry Potter Paul Grant. Ia meninggal secara tragis pada usia 56 tahun setelah pertempuran panjang dengan narkoba dan alkohol.

Keluarganya membenarkan bahwa ayah tiga anak itu ditemukan pingsan di luar stasiun King's Cross oleh polisi pada Kamis sore.

Paul, yang terkenal memerankan Ewok dalam Return of the Jedi saat dia tampil bersama Harrison Ford dan Mark Hamill, dilarikan ke rumah sakit setempat dan dinyatakan mati otak.

Belum diketahui apa yang menyebabkan kematian Paul, tetapi sebelumnya ia bercerita tentang bagaimana dia berubah menjadi peminum, obat-obatan, dan pelacur setelah berpisah dari istrinya, sementara dia juga diselamatkan dari jalanan.

Paul, dari Peterborough, Cambridgeshire, berbicara tentang masalahnya hampir satu dekade lalu ketika foto-foto dirinya menghirup kokain muncul secara online.

"Keluarga saya tidak mengakui saya karena tawaran pekerjaan sepi. Saya menggunakan kokain dan semakin memburuk. Saya minum dan merokok apa yang bisa saya dapatkan. Saya ingin untuk kembali ke tempat saya berada," ceritanya beberapa waktu lalu, dikutip dari The Sun.

Apa Itu Mati Otak?

Dikutip dari Layanan Kesehatan Inggris (NHS), kematian otak juga dikenal sebagai kematian batang otak. Kondisi ini terjadi ketika seseorang lepas dari mesin pendukung kehidupan, tidak lagi memiliki fungsi otak. Ini berarti mereka tidak akan sadar atau dapat bernapas tanpa dukungan.

Seseorang yang mati otak secara hukum dipastikan mati. Mereka tidak memiliki kesempatan untuk pulih karena tubuh mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa penyangga kehidupan buatan.

Batang otak

Batang otak adalah bagian bawah otak yang terhubung dengan sumsum tulang belakang (bagian dari sistem saraf pusat di tulang belakang). Batang otak bertanggung jawab untuk mengatur sebagian besar fungsi otomatis tubuh yang penting bagi kehidupan.

Ini termasuk:
  • pernapasan
  • denyut jantung
  • tekanan darah
  • menelan
Batang otak juga menyampaikan informasi ke dan dari otak ke seluruh tubuh, sehingga berperan penting dalam fungsi inti otak, seperti kesadaran, kewaspadaan, dan gerakan.

Setelah kematian otak, seseorang tidak mungkin tetap sadar.

Penyebab kematian otak

Kematian otak dapat terjadi ketika suplai darah atau oksigen ke otak terhenti.

Hal ini dapat disebabkan oleh:
  • serangan jantung - ketika jantung berhenti berdetak dan otak kekurangan oksigen
  • serangan jantung - ketika suplai darah ke jantung tiba-tiba tersumbat
  • stroke - ketika suplai darah ke otak tersumbat atau terganggu
  • gumpalan darah - penyumbatan di pembuluh darah yang mengganggu atau menghalangi aliran darah ke seluruh tubuh Anda
Kematian otak juga dapat disebabkan oleh:
  • cedera kepala yang parah
  • pendarahan otak
  • infeksi, seperti ensefalitis
  • tumor otak

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Paul Grant Bintang Harry Potter dan Star Wars Meninggal, Dinyatakan Mati Otak"