Hagia Sophia

22 March 2023

Tips Atasi Sakit Kepala dengan Bahan Alami

Foto: Shutterstock/

Sakit kepala adalah suatu kondisi saat seseorang merasakan sakit di sekitar kepala yang bikin tidak nyaman. Sakit kepala masuk ke dalam kategori penyakit umum yang sering terjadi di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun.

Ada banyak cara mengatasi sakit kepala secara cepat. Tak harus selalu menggunakan obat medis, sakit kepala juga bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sakit kepala secara alami? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Bahan Alami

Bila sakit kepala muncul secara tiba-tiba saat beraktivitas, tentu hal ini sangatlah tidak nyaman. Selain sulit berkonsentrasi, sakit kepala juga bisa jadi pertanda kalau tubuhmu sedang tidak sehat dan butuh istirahat total.

Namun jangan khawatir, dilansir Healthline dan Medical News Today, berikut 20 cara mengatasi sakit kepala dengan bahan alami.

1. Minum Air Putih yang Banyak
Cara mengatasi sakit kepala yang pertama adalah dengan perbanyak minum air putih. Sebab, salah satu penyebab sakit kepala adalah karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Dengan begitu, diwajibkan banyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2. Kompres Es Batu
Mengompres es batu ternyata dapat menghilangkan sakit kepala. Soalnya, es batu dapat meredakan sakit kepala karena sensasi dingin yang muncul dari es.

Cara pakainya juga mudah, cukup bungkus bongkahan es batu dengan kain berbahan lembut, kemudian tempelkan di bagian kepala yang sakit. Selain es batu, kamu juga bisa menggunakan ice pack yang kini sudah banyak dijual di toko online.

3. Kompres Air Hangat
Selain menggunakan es batu, detikers juga bisa menghilangkan sakit kepala dengan kompres air hangat. Cara ini dapat membantu mengendurkan otot-otot yang terlalu kencang di sekitar kepala.

Cara penggunaannya, rebus air sampai hangat kemudian celupkan kain berbahan lembut. Setelah itu, angkat dan peras hingga kering, lalu tempelkan di area kepala yang sakit selama beberapa menit.

4. Memijat Kepala
Cara berikutnya adalah dengan memijat kepala secara perlahan. Kamu bisa memijat bagian kepala yang sakit menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Lakukan pijatan ringan dan tekan selama 7-15 detik, lalu kemudian lepaskan.

Jika sulit melakukannya secara sendiri, kamu bisa meminta tolong kepada orang lain untuk memijat di sekitar kepala, leher, dan pundak. Ulangi pijatan sampai sakit kepala mulai hilang.

5. Konsumsi Madu
Madu sudah dikenal sejak lama sebagai obat alternatif yang berkhasiat untuk tubuh, salah satunya menghilangkan sakit kepala. Dengan mengkonsumsi dua sendok teh madu dipercaya dapat mengobati sakit kepala hingga migrain. Sebab, madu memiliki kandungan potasium dan magnesium yang dapat melancarkan aliran darah ke otak

6. Minum Jahe Hangat
Selain madu, kamu juga bisa minum jahe hangat untuk menghilangkan sakit kepala. Sebab, jahe punya manfaat yang hampir sama dengan obat sumatriptan, yakni obat yang dapat mengatasi sakit kepala dan migrain.

Disarankan untuk minum air rebusan jahe agar bisa menghilangkan sakit kepala. Cara membuatnya, masukan jahe ke dalam air dan rebus sampai hangat, setelah itu tuangkan ke gelas dan minum secara perlahan.

7. Banyak Istirahat
Agar sakit kepala cepat hilang, disarankan juga untuk perbanyak istirahat. Soalnya, sakit kepala bisa terjadi karena beberapa saraf yang terlalu tegang dan lelah. Bila dipaksakan untuk terus beraktivitas, maka akan semakin merusak saraf dan dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya.

Agar lebih efektif, kamu bisa istirahat di ruangan yang sejuk dan minim penerangan. Hal ini supaya tidur lebih nyenyak dan bangun jadi terasa segar.

8. Daun Mint
Selain menyegarkan mulut, daun mint juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Daun mint dipercaya dapat membantu melancarkan aliran darah serta oksigen ke otak.

Ada banyak cara untuk menghilangkan sakit kepala dengan daun mint, seperti mengoleskan minyak esensial daun mint ke kepala, mencampur daun mint segar ke dalam teh hangat, atau mengkonsumsi permen rasa daun mint.

9. Mandi Air Hangat
Salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mandi air hangat. Ketika kepala diguyur dengan air hangat, hal ini dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang jadi lebih rileks.

10. Makan Pisang
Tak hanya baik untuk melancarkan pencernaan, pisang juga dapat menghilangkan sakit kepala, lho. Sebab, pisang mengandung senyawa magnesium yang tinggi, hal ini dapat membantu otot menjadi lebih rileks.

11. Olahraga Ringan
Apabila sering sakit kepala, hal itu bisa jadi pertanda kalau detikers jarang berolahraga. Menurut sebuah penelitian, melakukan olahraga ringan dapat membantu menghilangkan sakit kepala sekaligus menyehatkan badan.

12. Minum Kafein Secukupnya
Mengkonsumsi kafein ternyata juga dapat menghilangkan sakit kepala, lho. Beberapa minuman kafein yang bisa dikonsumsi seperti kopi dan teh hangat.

Tapi, batasi juga minum-minuman berkafein. Soalnya, kandungan kafein yang terlalu tinggi kerap membuat seseorang jadi sulit tidur, jantung berdebar, dan resah. Alhasil, terlalu banyak kafein malah menimbulkan sakit kepala yang lebih parah.

13. Matikan Lampu
Cara menghilangkan sakit kepala berikutnya adalah mematikan lampu. Dalam sejumlah kasus, beberapa orang mengalami sakit kepala karena berada di cahaya yang terlalu terang.

Untuk mengatasi hal tersebut, detikers sebaiknya istirahat di ruangan yang gelap. Lalu, tidur selama beberapa jam sampai badan terasa segar kembali.

14. Kurangi Melihat Layar
Salah satu penyebab sakit kepala adalah melihat layar terlalu lama. Jika detikers mengharuskan bekerja di depan layar komputer/smartphone setiap hari, disarankan untuk istirahat selama beberapa menit. Cara ini dilakukan agar mata tidak cepat lelah dan terhindar dari sakit kepala.

15. Mengoleskan Essential Oil
Essential oil diyakini dapat menghilangkan sakit kepala sekaligus memberikan efek menenangkan. Bila kamu sering sakit kepala, disarankan untuk membeli essential oil peppermint, daun mint, atau lavender. Jadi, saat sakit kepala menyerang cukup oleskan essential oil di sekitar kepala yang terasa pusing.

16. Terapi Akupuntur
Terapi akupuntur juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan sakit kepala yang efektif. Sebab, terapi akupuntur dapat mengurangi stres akibat terlalu banyak pikiran, hal itulah yang sering kali menyebabkan sakit kepala.

17. Setop Minum-minuman Beralkohol
Apakah detikers sering mengkonsumsi minuman beralkohol? Jika iya, sebaiknya mulai sekarang kurangi dan hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, salah satu efek samping yang ditimbulkan dari alkohol adalah sakit kepala.

18. Vitamin B
Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala. Sebuah studi yang dilakukan Biomed Research International mengungkapkan, vitamin B6 dan B12 dapat mengurangi dan mencegah sakit kepala di kemudian hari.

19. Vitamin E
Selain vitamin B, ternyata vitamin E juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Menurut studi National Center for Biotechnology Information, vitamin E dapat meredakan sakit kepala dan mencegah migrain terjadi pada seseorang.

20. Hindari Stres
Cara menghilangkan sakit kepala yang terakhir adalah dengan menghindari stres. Sebab, salah satu penyebab sakit kepala karena mengalami stres berlebih. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap rileks dan lakukan sejumlah olahraga ringan, yoga, ataupun meditasi.

Nah, itu dia 20 cara mengatasi sakit kepala dengan bahan alami. Bila sakit kepala tak kunjung sembuh, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "20 Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Bahan Alami"