Hagia Sophia

22 March 2023

Tips Redakan Sesak Napas Secara Alami

Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Sesak napas adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas yang tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, terdapat beberapa cara meredakan sesak napas yang bisa kamu coba untuk meringankan kondisi ini.

Nah, dalam artikel ini, kita akan mengetahui lebih dalam tentang berbagai cara meredakan sesak napas. Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara meredakan sesak napas, mari simak pembahasannya di bawah ini sampai selesai!

Penyebab Sesak Napas

Dilansir dari laman National Health Service UK, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernapas.

Berikut adalah beberapa penyebab umum sesak napas:
  • Asma
  • Kelebihan berat badan
  • Radang paru-paru
  • Merokok
  • Serangan panik atau panic attack
Namun, sesak napas juga bisa menjadi gejala penyakit yang serius, seperti:
  • Penyakit paru obstruktif kronik
  • Gagal jantung
  • Kanker paru
Cara Meredakan Sesak Napas

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sesak napas yang terjadi. Berikut ini adalah pembahasan mengenai berbagai cara meredakan sesak napas.

1. Bernapas dengan Bibir yang Mengerucut
Dilansir dari Healthline, bernapas dengan bentuk bibir yang mengerucut merupakan cara sederhana untuk meredakan sesak napas yang disebabkan oleh panik, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau hiperventilasi. Cara ini bertujuan untuk memperlambat laju pernapasan yang membuat setiap napas menjadi lebih dalam dan lebih efektif.

Berikut adalah cara mengambil udara dengan bibir mengerucut:
  • Buat otot leher dan bahu rileks.
  • Tarik napas melalui hidung dalam dua hitungan.
  • Kerutkan bibir sehingga bentuknya mengerucut, seperti ingin bersiul.
  • Buang napas secara perlahan dan lembut melalui mulut.
2. Duduk dengan Tubuh Membungkuk
Cara meredakan sesak napas yang berikutnya adalah dengan cara duduk sambil membungkukkan tubuh. Dalam posisi duduk, kamu perlu memposisikan tubuh sedikit condong ke arah depan dan bernapas secara perlahan dan kondisi yang rileks.

3. Berdiri Bersandar di Dinding
Ketika kamu mengalami sesak napas, salah satu cara yang bisa kamu lakukan juga dengan berdiri bersandar pada dinding. Kamu bisa meredakannya dengan menyandarkan punggung pada dinding lalu mencondongkan tubuh sedikit ke depan.

Lalu, buka kaki selebar bahu dan simpan tangan di paha. Tempatkan pinggul pada dinding dalam kondisi rileks, kemudian bernapas secara perlahan.

4. Duduk dengan Menyandarkan Kepala ke Meja
Jika kamu mengalami sesak napas dan ada meja di sekitarmu, maka kamu bisa mencoba meredakan sesak napas dengan menempatkan kepala di atas meja. Duduklah di kursi dengan kaki menyentuh lantai dan menghadap meja, lalu condongkan dada ke arah depan dan kemudian letakkan tangan di atas meja untuk menyangga kepala, lalu napas dengan tenang.

5. Berdiri dengan Tangan Tertopang
Berdirilah di dekat benda yang agak rendah seperti meja, lalu letakkan siku atau tangan kamu di atas meja tersebut sehingga bentuk tubuh sedikit membungkuk. Usahakan badan tetap rileks dan lakukan pernapasan secara perlahan-lahan.

6. Berbaring
Beberapa orang juga mengalami sesak napas yang disebabkan oleh kondisi sleep apnea. Hal ini bisa menyebabkan seseorang sering terbangun dari tidurnya sehingga bisa mengurangi kualitas tidur.

Cobalah untuk berbaring miring dengan bantal berada di antara kaki dan kepala ditinggikan dengan batal. Bisa juga dengan berbaring telentang dengan kepala ditinggikan dan lutut ditekuk dengan bantal di bawah lutut.

7. Pernapasan Diafragma
Teknik pernapasan diafragma juga bisa dijadikan cara untuk meredakan sesak napas, Caranya dengan duduk di kursi dalam posisi bahu, lutut, kepala, dan leher yang rileks serta letakkan salah satu tangan di depan perut dan tangan lainnya di depan dada.

Setelah itu, ambil napas dengan perlahan dari hidung hingga tangan bisa merasakan perut yang bergerak ketika bernapas. Saat menghembuskan napas, kamu juga perlu mengencangkan otot perut.

Buanglah napas secara perlahan melalui perut dengan bentuk bibir yang mengecut. Lakukan langkah-langkah ini selama beberapa kali sampai kondisi napas menjadi lebih tenang.

Nah, itulah dia pembahasan lengkap mengenai berbagai cara meredakan sesak napas. Ketika kamu mengalami sesak napas, kamu bisa mencoba berbagai cara di atas untuk meringankan kondisi sesak napas yang terjadi.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Meredakan Sesak Napas Secara Alami Tanpa Obat"