Hagia Sophia

22 March 2023

Tips Atasi Gigi Berlubang dan Kemungkinan Penyebabnya

Bagaimana cara mengatasi gigi berlubang? Foto: Ilustrasi gigi berlubang (thinkstock)

Gigi berlubang merupakan kondisi di mana jaringan gigi rusak, sehingga membentuk lubang. Umumnya, gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang menumpuk.

Jangan sepelekan kondisi gigi berlubang, sebab, jika tidak langsung ditangani dapat merusak lapisan gigi sampai bagian dalam. Saat parah, gigi bolong bisa menyebabkan infeksi sampai gigi mati. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Simak berbagai caranya berikut ini:

1. Perawatan Fluoride
Perawatan fluoride dilakukan saat gigi berlubang baru muncul. Perawatan ini bisa membantu memulihkan lapisan email gigi yang terkikis. Biasanya dokter akan memberikan perawatan fluoride dalam bentuk pasta gigi, obat kumur atau fluoride oles.

2. Tambal Gigi
Mengutip Healthline, dokter gigi akan melakukan tindakan bor untuk menghilangkan sesuatu yang membusuk di gigi. Setelah itu, dokter akan menambah gigi dengan bahan seperti resin komposit atau emas.

3. Crown
Tindakan crown dilakukan saat pembusukan gigi sudah meluas atau sudah parah dan kondisi gigi melemah. Tindakan crown dilakukan dengan memasang mahkota gigi palsu di atas gigi berlubang.

Namun, sebelum memasangnya, dokter gigi membuang bagian gigi yang rusak dan menyisakan bagian kecil sebagai tumpuan. Adapun bahan dari mahkota gigi palsu sama dengan tambal gigi.

4. Perawatan Saluran Akar Gigi
Saat kerusakan gigi menyebabkan kematian saraf, dokter gigi akan melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi. Dokter gigi mengangkat jaringan saraf, jaringan pembuluh darah dan area gigi yang membusuk.

Kemudian, infeksi diperiksa dan obat dioleskan ke akar sesuai kebutuhan. Terakhir, dokter akan menambal gigi atau mungkin memasang mahkota di atasnya.

5. Cabut Gigi
Tindakan cabut gigi biasanya dilakukan saat gigi bolong sudah mengalami kerusakan parah dan tidak bisa dipulihkan. Namun, tindakan ini akan meninggalkan celah di antara gigi, sehingga kamu bisa melakukan pemasangan gigi palsu atau implan gigi.

6. Jaga Kebersihan Gigi
Selain melakukan perawatan di dokter, untuk mengatasi ketidaknyamanan untuk sementara waktu, kamu harus menjaga kebersihan mulut dan gigi. Sikat semua bagian gigi, termasuk di area sensitif. Selain itu jauhi makanan yang panas atau dingin saat makan atau minum.

Penyebab Gigi Berlubang

Gigi berlubang disebabkan oleh plak atau zat lengket yang ada di gigi. Plak sendiri merupakan kombinasi dari:
  • Bakteri
  • Air liur
  • Asam
  • Partikel makanan.
Meskipun begitu, ada beberapa orang yang beresiko lebih tinggi terkena gigi berlubang yaitu:
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis atau asam
  • Jarang membersihkan gigi
  • Tak mendapat cukup fluoride
  • Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia
  • Penyakit refluks asam
Itulah cara mengatasi gigi berlubang beserta penyebabnya. Yuk, rajin menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride dan menghindari banyak memakan makanan atau minuman asam dan manis untuk menghindari gigi berlubang. Jangan lupa juga bahwa perawatan gigi yang disebutkan di atas harus dilakukan oleh dokter gigi ya. Sehat selalu detikers!
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Mengatasi Gigi Berlubang dan Penyebabnya"