Hagia Sophia

23 October 2023

Ini Kandungan yang Terdapat dalam Inti Bumi

Ada yang bocor dari inti bumi. Gas yang bocor itu terbentuk sejak Big Bang dan terus keluar dari dalam Bumi. Foto: Express.co.uk

Di dalam inti bumi, terdapat gas helium-3. Gas ini terbentuk sejak terjadinya Big Bang 13,8 miliar tahun lalu. Helium-3 memiliki potensi untuk reaktor fusi dan selain di Bumi, senyawa ini juga ditemukan di Bulan.

Ketika planet Bumi terbentuk, helium-3 dari nebula awal Matahari terbentuk ke dalam inti bumi. Namun terkadang gas tersebut bocor ke permukaan. Sebanyak 2.000 gram Helium-3 ditemukan bocor keluar dari inti bumi setiap tahunnya.

Melansir Live Science, penelitian terbaru menunjukkan bahwa Helium-3 dapat ditemukan pada batuan vulkanik di dasar laut. Akan tetapi, mekanisme bagaimana helium-3 sampai ke sana dari inti masih menjadi misteri geologis.

Dengan ditemukannya helium-3 dalam inti Bumi, ini menjadi tamahan bukti bahwa planet kita terbentuk di dalam nebula surya.

"Penemuan bahwa inti Bumi kemungkinan mengandung reservoir besar helium-3 adalah bukti lebih lanjut untuk mendukung gagasan bahwa Bumi terbentuk di dalam nebula surya yang berkembang, bukan di pinggirannya atau selama fase memudarnya," kata para peneliti seperti dikutip dari Live Science.

Helium-3 adalah isotop, atau varian dari helium yang memiliki satu neutron. Ini adalah gas langka, hanya menyusun 0,0001% helium di Bumi. Helium-3 berasal dari berbagai proses, salah satunya dari peluruhan radioaktif tritium, isotop radioaktif hidrogen yang langka. Tetapi karena helium adalah salah satu elemen paling awal yang ada di alam semesta, kemungkinan besar helium-3 berasal dari Big Bang.

"Para ilmuwan sudah tahu bahwa sekitar 2 kilogram helium-3 bocor dari interior Bumi setiap tahun, sebagian besar di sepanjang sistem punggungan tengah laut tempat lempeng tektonik bertemu. Ini cukup untuk mengisi balon seukuran meja," kata Pemimpin penulis studi Peter Olson, ahli geofisika di University of New Meksiko.

Peneliti masih memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab. Karena itu, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk seputar gas tersebut.






























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Ada yang Bocor dari Inti Bumi"