Hagia Sophia

23 October 2023

Selebgram Fadil Jaidi Sedang Siapkan Diri untuk New York Marathon 2023

Fadil Jaidi. (Foto: detikHealth/AN Uyung Pramudiarja)

Mau olahraga, tapi kok rasanya mager banget? Pengakuan selebgram Fadil Jaidi yang belakangan tengah mempersiapkan diri untuk New York City Marathon 2023 ini bisa buat memotivasi.

Fadil yang akhir Oktober ini akan terbang ke AS untuk berlari sejauh 42,195 km di salah satu event world major marathon (WMM) paling bergengsi ini mengakui, pada awalnya dirinya juga termasuk orang yang super mager alias males gerak. Kalau ada orang lain yang mengaku mager, ia merasa tidak ada yang lebih mager dari dirinya.

"Aku tuh udah orang yang paling males, udah yang paling mager. Maunya di rumah aja, main komputer, main game," kata Fadil kepada wartawan di kawasan BSD City, Minggu (22/10/2023).

Begitupun di awal-awal mempersiapkan diri untuk lari full marathon pertamanya ini, ia tak sungkan mengakui bahwa dirinya sangat banyak mengeluh. Bahkan tak jarang, ia sampai 'cheating' biar nggak perlu menjalankan program latihan secara penuh.

"Jadi kan jam (sportwatch) ini kan ada kilometernya, itu sampai gua gini-giniin (digoyang-goyangin tangannya) biar kilometernya nambah. Segala cara curang udah gua lakuin, pokoknya udah yang paling parah deh," selorohnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan mengeluh Fadil perlahan berkurang dan akhirnya menghilang. Sampai pada satu titik, ia merasa tidak ada gunanya mengeluh karena toh dalam prosesnya ada banyak perubahan positif yang ia rasakan dengan menjalani program persiapan full marathon.

"Mau ngeluh juga tetep harus gua jalanin kan, jadi yaudah," tegasnya.

Salah satu perubahan positif yang ia rasakan adalah kebiasaan bangun pagi, yang bagi Fadil di masa lalu sangatlah 'nggak banget'. Dari yang sebelumnya suka begadang, Fadil kini jadi lebih disiplin untuk urusan tidur awal dan bangun lebih pagi karena harus latihan lari.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Fadil Jaidi 'Si Paling Mager' yang Lagi Persiapan Full Marathon"