Hagia Sophia

23 October 2023

Terkait Kasus Mpox, Pemerintah Perketat Pintu Masuk Negara

Ilustrasi. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Telah ditemukan tujuh kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia dan seluruhnya ditemukan di Provinsi DKI Jakarta. Terkait penemuan tersebut, Kementerian Kesehatan RI telah mengeluarkan surat edaran terbaru terkait peningkatan kewaspadaan terhadap penyebaran monkeypox.

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa salah satu penyebaran cacar monyet dapat terjadi melalui perjalanan jarak jauh.

Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes RI dr Achmad Farchanny Tri Adryanto, MKM mengatakan bahwa peningkatan kewaspadaan ditingkatkan di seluruh kantor kesehatan pelabuhan, dinas kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, rumah sakit, puskesmas, dan fasyankes lainnya.

"Kepada kantor kesehatan pelabuhan ada 51 seluruh Indonesia, ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyampaikan arahan agar yang utama adalah melakukan peningkatan kewaspadaan terhadap pelaku perjalanan yang datang dari luar negeri," ucap dr Achmad dalam webinar Kesiapsiagaan Penanganan Kasus Monkey Pox, Minggu (22/10/2023).

"Terutama dari daerah-daerah yang endemik atau kasus tinggi monkeypox. seperti Amerika Serikat, negara tetangga Thailand, Singapura, serta negara-negara di Eropa," sambungnya.

dr Achmad menuturkan apabila pihak kantor kesehatan pelabuhan menemukan pelaku perjalanan yang memiliki gejala tertentu, maka mereka harus segera melakukan notifikasi pada dinas kesehatan setempat.

"Apabila pada pelaku perjalanan ditemukan adanya tanda dan gejala seperti cacar agar segera melakukan pemeriksaan lebih ketat dan bila perlu mengambil spesimen atau segera merujuk pada rumah sakit rujukan," pungkasnya.

Sampai pada tanggal 26 September, Kemenkes menuturkan bahwa kasus cacar monyet di seluruh dunia sudah mencapai 90.618 kasus di 115 negara. Jumlah kematian akibat cacar monyet mencapai 157 kasus.

Dikutip dari CDC, hingga saat ini Amerika Serikat menjadi negara yang paling tinggi dalam melaporkan kasus cacar monyet dengan 30.887 kasus, disusul oleh Brazil dengan 10.967 kasus.

Untuk negara tetangga seperti Thailand saat ini tercatat sudah ada 399 kasus cacar monyet yang dilaporkan dan Singapura dengan 29 kasus.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ada 7 Kasus di DKI, Kemenkes Perketat Pemantauan Mpox di Pintu Masuk Negara"