Hagia Sophia

23 October 2023

Bisakah Diet 7 Hari BB Turun 15 Kg?

Foto: Shutterstock

Diet merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan masyarakat untuk menurunkan berat badan. Namun, sebagian orang sering tidak sabar dan ingin cepat-cepat kurus dalam waktu cepat.

Sebab, mereka percaya dengan melakukan diet ekstrim dapat menurunkan badan secara cepat. Dalam sejumlah kasus, beberapa orang dapat menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam waktu 7 hari.

Lantas, apakah bisa diet 7 hari mampu menurunkan berat badan hingga 15 kg? Simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Apakah Bisa Diet 7 Hari Turun 15 Kg?

Sebagian orang yakin dan percaya diri kalau mampu menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam waktu 7 hari. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar program diet tersebut berhasil.

Mengutip laman Vinmec International Hospital, perlu diingat bahwa program diet dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari pola makan, gaya hidup, istirahat yang cukup, hingga tingkat stres.

Menurunkan berat badan hingga 15 kg merupakan target yang baik dalam program diet. Tetapi, hal tersebut tak bisa terjadi dalam waktu cepat, karena faktor-faktor di atas dapat mempengaruhi proses penurunan berat badan.

Dibutuhkan juga kombinasi strategi diet yang pas agar bisa menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam seminggu. Oh ya, kesabaran dan ketekunan juga dilatih selama program diet berlangsung, apakah benar-benar serius atau tidak.

Tips Diet Sehat

Menurunkan berat badan hingga 15 kg bukanlah hal yang mustahil. Namun, detikers juga harus memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi program diet.

Tapi yang terpenting, saat ini kamu sudah berniat untuk menurunkan berat badan dan serius menjalani program diet. Bukan tidak mungkin berat badan bisa berkurang secara cepat karena sudah menerapkan tips diet sehat.

Lantas, apa saja tips diet sehat tersebut? Dikutip dari Healthline, berikut sejumlah tipsnya:

1. Makan yang Teratur
Tips diet sehat yang pertama adalah makan teratur. Ingat, diet bukan berarti detikers tidak mengkonsumsi makanan hingga seharian demi menurunkan berat badan, tapi hanya saja porsinya diatur dan tidak sembarangan.

Sebagai contoh, jika kamu setiap hari sarapan pukul 8 pagi, maka usahakan sarapan selanjutnya tepat di jam yang sama. Hal ini juga berlaku saat jam makan siang dan malam.

Sebab, pola makan yang tidak teratur justru dapat mempengaruhi kadar insulin atau gula darah. So, jangan sampai telat makan, ya. Apalagi sama sekali tidak makan.

2. Hindari Lemak Jenuh Saat Sarapan
Sebaiknya hindari mengkonsumsi lemak jenuh ketika sarapan. Soalnya, mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh justru membuatmu akan lebih cepat lapar dan lelah.

Ketika rasa lapar sulit dikontrol, hal ini memicu kamu untuk ngemil atau makan-makanan lainnya. Alhasil, program diet detikers jadi gagal.

3. Tetap Terhidrasi
Walau porsi makanan harus dikurangi, namun tubuh detikers harus tetap terhidrasi dengan rutin minum air putih. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum air putih dapat menurunkan berat badan, mempertahankan berat badan ideal, hingga meningkatkan pembakaran kalori.

Lalu, minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan sekaligus menjaga asupan kalori selama makan bagi orang dewasa. Lalu, orang yang banyak minum air putih terbukti mengkonsumsi 200 kalori lebih sedikit per hari.

4. Rutin Olahraga
Selain menjaga pola makan, usahakan untuk selalu rutin olahraga agar program diet hasilnya maksimal. Selain membuat tubuh sehat dan bugar, olahraga juga dapat membakar kalori berlebih yang tidak dapat hilang dengan hanya diet saja.

5. Istirahat yang Cukup
Sebagian orang masih belum sadar kalau istirahat yang cukup dapat mempengaruhi program diet. Sebuah studi mengungkapkan bahwa 55% orang yang kurang tidur lebih rentan mengalami obesitas jika dibandingkan dengan orang yang punya waktu istirahat cukup.

Selain itu, orang yang kurang istirahat lebih mudah mengalami fluktuasi harian hormon nafsu makan. Hal tersebut dapat mempengaruhi nafsu makan menjadi buruk. Oleh sebab itu, usahakan untuk istirahat yang cukup di malam hari agar program diet maksimal.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diet 7 Hari Dapat Turunkan Berat Badan Hingga 15 Kg, Apakah Bisa?"