Hagia Sophia

22 October 2023

Liga Inggris: Chelsea Ditahan Imbang Arsenal 2-2

Bukayo Saka (kiri) saat mengejar bola dan dikawal Marc Cucurella. Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA

Chelsea ditahan imbang Arsenal 2-2 saat kedua tim bertemu di pekan sembilan Liga Inggris musim ini. Sempat unggul dua gol, The Blues akhirnya harus puas meraih satu poin.

Bermain di bawah guyuran hujan di Stamford Bridge, Sabtu (21/10/2023), Chelsea memimpin 1-0 di menit ke-15 lewat penalti Cole Palmer. Tembakan lob Mykhailo Mudryk di menit ke-48 menambah keunggulan The Blues.

Namun Arsenal bangkit dan menyamakan kedudukan. Dimulai dari gol jarak jauh Declan Rice yang memanfaatkan blunder lini belakang Chelsea di menit ke-77 lalu disusul sontekan Leandro Trossard di menit ke-84.

Hasil imbang ini membuat Arsenal menempati posisi dua dengan 21 poin, kalah selisih gol dari Manchester City yang memuncaki klasemen sementara. Sedangkan Chelsea berada di urutan sembilan dengan 12 poin.

Jalannya pertandingan

Chelsea sudah menebar ancaman sejak menit ke-2. Enzo Fernandez melepaskan tembakan jarak jauh, namun arah bola melambung di atas gawang.

The Blues akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit ke-15. Handball yang dilakukan William Saliba di kotak penalti sendiri membuat wasit menunjuk titik putih.

Palmer maju sebagai penendang, dan tembakannya ke sudut kiri bawah berhasil mengecoh kiper Arsenal, David Raya yang salah menebak arah bola. Tuan rumah memimpin 1-0.

Palmer mencetak gol penalti di babak pertama. Foto: REUTERS/DAVID KLEIN

Palmer kembali mendapat kesempatan mencetak gol di menit ke-30, namun tembakan kaki kirinya kali ini melenceng dari target.

Arsenal tak diam saja dan mencoba memberi perlawanan. Gabriel Jesus mendapat peluang di menit ke-42, tetapi tembakan jarak jauhnya melebar di sisi kiri gawang Chelsea.

Tim asuhan Mauricio Pochettino balas menekan dua menit berselang, namun tembakan Malo Gusto dari tepi kotak penalti melambung di atas gawang Raya. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Chelsea mencetak gol cepat di menit ke-48. Mudryk yang berada di sisi kiri melihat Raya keluar dari sarangnya. Pemain asal Ukraina itu dengan cerdik melepas tembakan lob yang bersarang telak di gawang Arsenal. Skor menjadi 2-0.

Momen ketika bola tembakan Mudryk (10) meluncur masuk ke gawang Arsenal. Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA

Palmer nyaris mencetak gol kedua di menit ke-57 usai memotong umpan yang dilepaskan Raya di kotak penalti, namun kiper Spanyol itu berhasil menebus kesalahan dengan tembakan sang lawan.

Arsenal berhasil menipiskan jarak di menit ke-77. Sanchez yang bergerak ke tepi kanan kotak penalti mengirim umpan pada Enzo Fernandez, namun dibiarkan oleh pemain Argentina tersebut. Di belakangnya, ada Rice yang langsung menendang bola ke arah gawang Chelsea.

Sanchez yang meninggalkan sarangnya tak mampu menjangkau bola yang bersarang di sudut kanan tersebut, mengubah skor menjadi 1-2. Arsenal kembali bersemangat mengejar.

Ekspresi Rice (kiri) usai membobol gawang Chelsea. Foto: Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA

Benar saja. Pada menit ke-84, Arsenal berhasil menyamakan kedudukan. Trossard menuntaskan umpan terobosan Bukayo Saka dengan sontekan ke sudut kanan gawang yang sukses menaklukkan Sanchez. Skor menjadi 2-2 yang bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Chelsea: Robert Sanchez, Malo Gusto, Thiago Silva, Levi Colwill, Marc Cucurella, Conor Gallagher, Moisés Caicedo, Enzo Fernandez, Raheem Sterling (Noni Madueke 84'), Cole Palmer (Reece James 84'), Mykhailo Mudryk (Nicolas Jackson 66').

Arsenal: David Raya, Oleksandr Zinchenko (Takehiro Tomiyasu 46'), Gabriel Magalhaes, William Saliba, Ben White, Declan Rice, Jorginho (Emile Smith Rowe 68'), Martin Odegaard (Kai Havertz 79'), Gabriel Martinelli (Leandro Trossard 79'), Gabriel Jesus (Eddie Nketiah 68'), Bukayo Saka.






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Penuh Drama, Chelsea Vs Arsenal Berakhir Imbang 2-2"