Hagia Sophia

22 October 2023

Liga Inggris: Puncaki Klasemen, Man City Kalahkan Brighton 2-1

Manchester City menang 2-1 atas Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Premier League (Foto: REUTERS/PHIL NOBLE)

Manchester City memutus rentetan kekalahannya di Premier League. The Citizens menang 2-1 atas Brighton & Hove Albion dan naik ke puncak klasemen.

Laga Man City vs Brighton dalam lanjutan Premier League digelar di Etihad Stadium, Sabtu (21/10) malam WIB. Dalam laga ini, Pep Guardiola mengistirahatkan Ederson dan menurunkan Stefan Ortega di bawah mistar gawang.

City menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 lewat gol-gol Julian Alvarez dan Erling Haaland. Brighton baru memperkecil ketertinggalan di paruh kedua lewat gol Ansu Fati.

Hasil ini memutus tren negatif City. Sebelumnya, pasukan Pep Guardiola itu kalah dari Wolverhampton Wanderers dan Arsenal.

Berkat kemenangan ini, City naik ke puncak klasemen Liga Inggris dengan 21 poin dari sembilan laga. Sementara Brighton ada di urutan keenam dengan 16 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang didapat City di awal pertandingan. Jeremy Doku menggiring bola hingga ke kotak penalti dan melepaskan tembakan, tapi masih melebar dari gawang.

City membuka keunggulan pada menit ketujuh. Julian Alvarez menjebol gawang Brighton usai menuntaskan umpan tarik dari Doku.

Erling Haaland menggandakan keunggulan City pada menit ke-19. Haaland memanfaatkan kesalahan pemain Brighton untuk mencetak gol.

Gol ini berawal dari kesalahan Carlos Baleba. Bola jatuh ke kaki Haaland yang kemudian menggiring hingga ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras.

Doku benar-benar menjadi ancaman untuk lini pertandingan Brighton. Winger asal Belgia itu mengacak-acak pertahanan Brighton. Masuk ke kotak penalti, Doku kemudian melepaskan tembakan melengkung yang melebar tipis dari gawang.

Memasuki babak kedua, Brighton melakukan pergantian pemain. James Milner yang kewalahan menghadapi Doku ditarik keluar dan digantikan oleh Veltman.

Peluang didapat Brighton pada menit ke-52 usai Pascal Gross menerima umpan terobosan. Namun penyelesaian akhir Gross tidak sempurna.

Upaya Haaland untuk menambah gol pada menit ke-68 belum membuahkan hasil. Haaland mendapat bola dari Foden dan melepaskan tembakan dengan kaki kiri. Kali ini Jason Steele bisa menepisnya.

Brighton memperkecil ketertinggalan pada menit ke-73. Ansu Fati sukses menjebol gawang City untuk memangkas jarak.

Gol ini berawal dari pergerakan Kaoru Mitoma dari sisi kiri. Dia kemudian melepaskan umpan ke kotak penalti, tapi diblok Manuel Akanji. Bola liar langsung disambar oleh Ansu Fati.

City harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain. Manuel Akanji mendapat kartu merah di injury time usai mengoleksi dua kartu kuning.

Susunan Pemain

Man City: Stefan Ortega; Josko Gvardiol, Manuel Akanji, John Stones (Ruben Dias 75'), Kyle Walker; Rodri, Bernardo Silva; Jeremy Doku (Grealish 75'), Julian Alvarez, Phil Foden; Erling Haaland

Brighton: Jason Steele; Solly March (Van Hecke 90+4'), Igor Julio, Lewis Dunk, James Milner (Veltman 46'); Pascal Gross, Carlos Baleba; Kaoru Mitoma, Danny Welbeck (Ferguson 16'), Simon Adingra; Joao Pedro (Ansu Fati 66')





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Brighton: The Citizens Menang 2-1, Puncaki Klasemen"