Hagia Sophia

22 October 2023

Bengkak dan Nyeri di Lutut Merupakan Tanda dari Asam Urat?

Foto ilustrasi: thinkstock

Asam urat termasuk kondisi radang sendi yang bisa dialami berbagai kelompok usia. Kondisi ini bisa disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat di area sendi dalam tubuh.

Jika jumlahnya berlebihan, akan memicu kondisi yang disebut dengan hiperurisemia, berujung nyeri dan bengkak pada beberapa bagian tubuh.

Dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, Dr dr Muhammad Sakti, SpOT(K), menyebut sakit pada bagian lutut bisa disebabkan banyak faktor. Misalnya seperti degeneratif tua, trauma, gangguan metabolik, cedera saat olahraga, tumor dan sebagainya.

"Sedangkan asam urat di lutut merupakan kasus yang jarang. Kalaupun ada tidak akan terlihat seperti benjolan, tapi akan menyebabkan bengkak dan nyeri di lutut walaupun tanpa aktivitas," jelas dr Muhammad Sakti pada detikcom, Jumat (20/10/2023).

Dikutip dari Healthline, asam urat biasanya terjadi pada area jempol kaki. Tetapi, kondisi itu bisa terjadi di sendi mana saja, termasuk di area lutut.

Ketika asam urat menyerang lutut, penyakit ini dapat membuat gerakan sehari-hari, seperti berjalan atau berdiri, terasa nyeri atau tidak nyaman.

Penyebab Asam Urat di Lutut

Penumpukan asam urat dalam tubuh dikenal dengan istilah hiperurisemia. Tubuh menghasilkan asam urat ketika memecah purin. Ini adalah senyawa yang ditemukan di semua sel tubuh.

Biasanya, asam urat melewati ginjal, yang membantu menghilangkan kelebihan asam urat dalam urine. Namun terkadang, asam urat terlalu banyak untuk ditangani oleh ginjal. Dalam kasus lain, ginjal tidak dapat memproses asam urat dalam jumlah tertentu karena kondisi yang mendasarinya.

Akibatnya, lebih banyak asam urat yang bersirkulasi ke seluruh tubuh dan berakhir di lutut dalam bentuk kristal asam urat.

Gejala Asam Urat di Lutut

Gejala utama penyakit asam urat pada lutut adalah nyeri dan rasa tidak nyaman pada area sekitar. Asam urat ini sering kali tidak dapat diprediksi, termasuk pada sendi bagian mana yang terkena.

Di awal, selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa gejala apapun. Namun, seseorang bisa terbangun dengan rasa sakit yang membakar di lutut.

Dalam beberapa kasus, asam urat dimulai di salah satu jempol kaki sebelum berpindah ke area lain, seperti lutut. Seiring waktu, gejolak ini mungkin berlangsung lebih lama dari episode sebelumnya.

Gejala lain yang mungkin Anda rasakan akibat asam urat di lutut meliputi:
  • Bagian tubuh yang sakit menjadi terasa lebih lembut
  • Pembengkakan
  • Kemerahan
  • Kehangatan (saat disentuh)
  • Kekakuan dan keterbatasan gerak





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Benarkah Sakit dan Bengkak di Area Lutut Bisa Dipicu Asam Urat?"